Wabup Kendal Buka Pesta Siaga 2021

BOSTHOMSON, KENDAL – Ratusan pramuka tingkat siaga se Kwartir Cabang Kendal berkumpul menjadi satu mengikuti Pesta Siaga Tahun 2021, yang digelar di SMP 2 Boja, Sabtu (20/11/2021).

Acara diikuti anggota Pramuka siaga yang mewakili 20 Kwartir Ranting dilingkup Kwartir Cabang Kabupaten Kendal.

Acara dibuka oleh Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, yang ditandai dengan pemukulan Gong dan penyematan tanda peserta secara simbolik kepada dua peserta.

Acara pembukaan pesta siaga 2021 juga diisi dengan penampilan aksi Tarian Nusantara.

Wakil Bupati Kendal dalam sambutannya mengatakan, jika pesta siaga ini memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk meningkatkan kemampuan diri.

“Pesta Siaga merupakan wahana untuk mendidik dan membina para pelajar Pramuka Siaga, agar menjadi pribadi yang berkarakter dan memiliki budi pekerti luhur, sekaligus juga melatih ketahanan mental, jasmani dan rohani,” ujarnya.

Wabup yang akrab disapa Pakde Bas menegaskan, para pramuka siaga harus bisa membandingkan kemampuan antar peserta lainnya.

“Melalui berbagai kegiatan lomba peserta siaga bisa meningkatkan kemampuan diri. Serta banyak manfaat yang terkandung dalam meningkatkan kebersamaan dan kekompakan antar peserta,” tandasnya.

Pakde Bas juga berpesan kepada seluruh peserta untuk menjaga kesehatan dan keselamatan, agar dapat mengikuti perlombaan dari awal hingga akhir, dan mengikuti kegiatan dengan penuh semangat dan ceria.

“Yang terpenting, menaati semua peraturan yang sudah ditetapkan pembina dan pembimbing,” pesan Pakde Bas.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kebupaten Kendal, Prapto Utono menjelaskan, pesta siaga juga sebagai implementasi kegiatan kepramukaan yang sudah diberikan kepada anak didik, terkait etika, kejujuran, gotong royong, tanggungjawab dan kemandirian.

“Hasil dari kegiatan pesta siaga nantinya akan dipilih peserta yang menjadi juara tergiat 1, 2 dan 3, untuk maju ketingkat Binwil Semarang,” ujarnya. (Hans).