Wabup Hadiri Peringatan Hari Pangan Sedunia Di Karanganyar Plantungan

BOSTHOMSON, KENDAL – Hari Pangan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober 2021, merupakan mumentum untuk melakukan evaluasi dan inovasi sektor pertanian agar bisa meningkatkan kesejahteraan petani.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki pada acara Peringatan Hari Pangan Sedunia di Lapangan Desa Karanganyar Kecamatan Plantungan, Kamis (15/10/2021).

Bupati memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para petani dalam pemenuhan pangan guna memenuhi kebutuhan pangan di Kabupaten Kendal.

“Persoalan pangan adalah hal yang penting dan harus diperhatikan oleh pemerintah. Karrna jika terjadi krisis pangan di suatu daerah akan menyebabkan terjadinya kegaduhan sosial yang sangat sulit untuk diatasi,” kata Bupati Kendal.

Selain itu Bupati mengajak anak muda milenial di Kabupaten Kendal untuk tertarik menekuni bidang pertanian, perkebunan dan perikanan guna menciotakan prestasi di bidang ketahanan pangan.

“Dengan bergabungnya anak muda kreatif tersebut dapat menjadikan industri di bidang makanan semakin modern dan terus berkembang,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati menyerahkan secara simbolis bantuan alat mesin pertanian, bibit jambu kristal serta rehabilitasi jaringan irigasi yang bisa mendukung kinerja para petani serta dimanfaatkan secara maksimal.

Wabup saat memberikan telur kepada anak-anak di Desa Karanganyar
Wabup saat memberikan telur kepada anak-anak di Desa Karanganyar

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Kendal, Tjipto Wahjono mengatakan peringatan hari pangan ini merupakan rangkaian peringatan hari-hari pertanian yang dikemas dalam satu kegiatan.

“Diantaranya peringatan yaitu bulan Bakti peternakan dan kesehatan hewan pada tanggal 26 Agustus hingga 26 September kemudian hari tani tanggal 24 September serta hari kopi Pada 1 Oktober,” ujar Tjipto.

Sementara itu Kepala Desa Karanganyar Kecamatan Plantungan, Amin Arifandi mengaku bangga atas diselenggarakannya peringatan hari pangan sedunia di desanya tersebut.

“Kehadiran bapak Wakil Bupati di desa Karanganyar ini akan semakin meningkatkan pembangunan baik infrastruktur maupun pembangunan sumber daya manusia,” ungkapnya.

Selain itu Amin meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Pertanian dan Peternakan untuk membuatkan embung untuk mengatasi masalah saat musim kemarau.

“Jadi Karanganyar Ini membutuhkan Embung yang mana jika musim kemarau air yang ada di sumber air di Karanganyar ini harus digilir dengan tiga desa yaitu Karanganyar, Jati dan Wadas. Jadi kalau musim kemarau itu petani sangat susah sekali untuk menanam bahkan bisa dikatakan banyak yang gagal tanam,” jelas Kades Karanganyar.(Win).