Usai Vakum Enam Tahun, Tim Sumber Raya Gelar Lomba Burung Berkicau

BOSTHOMSON, KENDAL – Setelah vakum selama enam tahun, Tim Sumber Raya Kendal menggelar lomba burung berkicau Sumber Raya Cup II yang diikuti peserta dari berbagai daerah di Jawa Tengah di area gantangan burung Desa Sidomukti Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal, Minggu (13/3/2022).

Acara yang digelar dengan tema “Menjalin Kawan Menjaga Alam” dihadiri oleh Angota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Mifta Reza, Forkopimcam Weleri, Kepala Desa Sidomukti, dan para peserta lomba.

Berbagai jenis burung dilombakan demi mendapatkan trophy dan uang tunai. Selain itu panitia dari Sumber Raya Group yang menggandeng BnR juga menyediakan hadiah juara tiket, berupa tiga unit sepeda motor.

Lomba burung berkicau Sumber Raya Cup 2 di area gantangan Desa Sidomukti Weleri
Lomba burung berkicau Sumber Raya Cup 2 di area gantangan Desa Sidomukti Weleri

Ketua Tim Sumber Raya sekaligus ketua pelaksana acara, Sugiyanto dalam sambutannya mengatakan lomba burung berkicau ini merupakan acara rutin yang digelar setiap tahun dan diikuti 75 peserta dari Pantura Jawa Tengah.

“Lomba burung berkicau ini merupakan gelaran rutin setiap tahun yang telah vakum selama enam tahun. Diharapkan diselenggarakannya lomba ini dapat menjadi ajang pemilik burung untuk dapat membuktikan siapa yang terbaik,” katanya.

Dirinya menambahkan lomba kicau burung ini diselenggarakan sebagai sarana untuk melihat kemampuan burung yang sebelumnya telah dilatih oleh pemiliknya. Sekaligus mengobati rasa rindu, setelah enam tahun sejak Sumber Raya Cup 1 digelar.

“Kita ada beberapa lomba ya di sini. Ada murai, kenari, cucak hijau, cucak jenggot love bird, pleci dan sebagainya. Untuk hadiah kita ada trophy dan uang tunai yang jumlahnya masing-masing, sesuai dengan kelasnya,” ujarnya.

Ketua Tim Sumber Raya bersama salah satu pemenang lomba burung berkicau Sumber Raya Cup 2, Minggu (13/3/2022)
Ketua Tim Sumber Raya bersama salah satu pemenang lomba burung berkicau Sumber Raya Cup 2, Minggu (13/3/2022)

Kepala Desa Sidomukti, Pujiono mengungkapkan dirinya mendukung sepenuhnya acara lomba burung berkicau yang diselenggarakan di wilayahnya. Menurutnya dengan adanya acara ini, masyarakat Desa Sidomukti khususnya pelaku UMKM bisa menjajakan produknya di sekitar area gantangan.

“Ini bagus, saya lihat warga Sidomukti dan pelaku UMKM mendirikan tenda-tenda untuk berjualan di sekitar area gantangan. Sehingga kegiatan ini bisa ikut membantu perekonomian warga desa kami,” ungkap Pujiono.

Dirinya juga menghimbau kepada peserta dan penonton untuk tetap menerapkan protokol kesehatan mengingat acara yang digelar masih di tengah pandemi Covid-19.(Win).