Tinjau Lokasi Longsor Desa Banjarejo Boja, Bupati Dan Baznas Salurkan Bantuan Rp 60 Juta

BOSTHOMSON, KENDAL – Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama Baznas Kendal mengunjungi korban tanah longsor di Dusun Siberi RT 02 RW 04 Desa Banjarejo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal, Selasa (11/1/2022).

Dico mengatakan kunjungan kali ini untuk melihat langsung kondisi rumah yang menjadi korban tanah longsor. Dirinya juga mengungkapkan akan melakukan evaluasi serta koordinasi dengan pihak -pihak terkait agar segera melakukan pembenahan.

“Saya mendapat laporan jika ada bencana longsor yang terjadi beberapa hari lalu. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Selanjutnya kami akan melakukan evaluasi saya minta koordinasi Dinas PU bersama Pak Lurah dan masyarakat terkait tehnisnya agar kedepannya tidak terjadi longsor lagi,” kata Bupati.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyalurkan bantuan bersama Baznas Kendal senilai total Rp 60 juta yang diberikan kepada Kepala Desa Banjarejo untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Kita berikan bantuan bersama Baznas Kendal, Ini memang belum bisa menyelesaikan secara keseluruhan tapi semoga ini bermanfaat. Harapannya kerjasama gotongroyong seluruh masyarakat agar permasalahan longsor ini bisa teratasi dan tidak terjadi lagi,” jelas Bupati.

Kondisi terkini lokasi longsor yang terjadi di Dusun Siberi RT 02 RW 04 Desa Banjarejo pada Kamis (6/1/2022) lalu
Kondisi terkini lokasi longsor yang terjadi di Dusun Siberi RT 02 RW 04 Desa Banjarejo pada Kamis (6/1/2022) lalu

Kejadian longsor diakibatkan curah hujan dengan intensitas yang tinggi disertai angin kencang terjadi pada Kamis (6/1/2022) , mengakibatkan sembilan rumah mengalami kerusakan, empat rumah rusak berat, empat rumah rusak sedang dan satu rumah ringan.

Sementara Ketua Baznas Kendal Syamsul Huda menyampaikan, secara teknis akan diserahkan kepada pihak PUPR, sedangkan Baznas juga akan membantu dalam pembuatan Talud dan renovasi rumah korban.

“Untuk stimulan kepada korban secara teknis akan diserahkan Pihak Desa dan PUPR, jadi prioritas pertama akan dibangun talud terlebih dahulu setelah itu baru rumah para korban. untuk renovasi rumah tentu akan dibantu oleh pihak Baznas karena prinsip kita adalah peduli dengan adanya musibah ini,” jelas Syamsul Huda.(Win)