Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pemkab Kendal Tebarkan 117 Ribu Benih Ikan

BOSTHOMSON,KENDAL – Dalam rangka memanfaatkan sumber daya air yang ada di Kabupaten Kendal, Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menebar 117 ribu ekor ikan yang terdiri dari ikan tawes dan ikan nila.

Hal ini dikatakan oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto usai menebar benih ikan di Embung Desa Rowobranten Kecamatan Ringinarum, Rabu (29/9/2021). Bupati mengatakan penebaran benih ikan dilakukan di beberapa embung dan tempat perairan umum yang ada di Kabupaten Kendal.

“Dengan penebaran benih ini merupakan salah satu upaya untuk memastikan ketahanan pangan yang ada di Kabupaten Kendal ini bisa terkendali dengan baik,” kata Bupati.

Dico menargetkan kedepan setiap desa di Kabupaten Kendal bisa memiliki embung yang bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan banjir. Selain itu untuk ketahanan pangan yang diharapkan
bisa memberikan manfaat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Jangan sampai benih-benih yang kita coba lestarikan ini nanti dikasih obat disetrum dan lain sebagainya sehingga akhirnya tidak menjadi manfaat untuk masyarakat, saya mohon dijaga dengan baik,” ungkapnya.

Bupati didampingi Plt Dinas Kelautan dan Perikanan menebar brnih ikan di embung Desa Rowobranten, Selasa (29/9/2021)
Bupati didampingi Plt Dinas Kelautan dan Perikanan menebar benih ikan di embung Desa Rowobranten, Rabu (29/9/2021)

Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal, Hudi Sambodo mengatakan benih ikan nila dan tawes yang ditebar bertujuan sebagai upaya penambahan stok ikan diperairan umum pada perairan yang telah mengalami penurunan stok akibat tingkat pemanfaatan yang berlebihan

“Keberadaan ikan pada perairan untuk memberikan bahan pangan bagi masyarakat sekitar, sebelumnya kami telah memberikan sosialisasi agar masyarakat saling menjaga dan nantinya untuk mendapatakan ikan tidak dengan cara di setrum maupun di obati,” katanya.

Hudi menuturkan penebaran ikan dilakukan selama dua hari pada tanggal 29 – 30 September 2021, diantaranya di sungai Desa Trayu Limbangan sebanyak 20 ribu ekor ikan tawes, sungai Diah Sriwulan Limbangan 20 ribu ikan tawes, embung Desa Margorejo 10 ribu ekor dan 3 ribu ikan nila, embung Desa Rowobranten 10 ribu ekor ikan tawes dan nila 2 ribu ekor.

“Sedangkan besok embung Krida Tani Desa Kertomulyo ikan tawes 8 ribu ekor dan ikan nila 2 ribu ekor, sungai Desa Wonorejo 5 ribu ekor ikan tawes dan 5 ribu ekor ikan nila, dan di sungai Blorong akan ditebar ikan tawes 10 ribu ekor dan ikan nila 4 ribu ekor. Kemudian sungai Kendal dan sungai di Desa Sendangdawung akan disebar 10.000 ekor. Yang terakhir di embung Desa Kumpulrejo sebanyak 8.000 ekor ikan tawes,” tuturnya.

Lebih lanjut Hudi menjelaskan 117 ribu benih ikan tawes dan nila berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 dengan dana sekitar 50 juta rupiah.

Sementara itu, Kepala Desa Rowobranten, Ari Ristiani mengungkapkan pihaknya merasa bersyukur dengan adanya embung yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bersama untuk perikanan maupun pengairan.

“Lingkungan embung ini, juga kita manfaatkan untuk wisata desa karena kebetulan letaknya yang strategis jadi kedepan kita akan menjaga dan memanfaatkan embung ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.(Win).