Tindaklanjuti Keluhan Petani Sendangkulon Kangkung, Ketua Komisi A Sidak Bersama Dispertan Kendal

BOSTHOMSON, KENDAL – Anggota DPRD Kabupaten Kendal dari fraksi PDIP, Munawir bersama jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kendal turun langsung ke lapangan untuk melihat permasalahan yang tengah dihadapi para petani di Desa Sendangkulon Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, Kamis (16/9/2021).

Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kendal melalui Kepala Bidang Sarana Dan Prasarana, Dewi Apriliyani mengatakan kedatangannya bersama rombongan untuk menemui para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Sumber Rahayu dan Sumber Urip, guna mencari solusi terkait permasalahan sulitnya mendapatkan air untuk lahan mereka.

“Kenapa kita sampai kelapangan karena ketersediaan air, mereka merasa pada saat musim kemarau air tidak sampai ke lahan mereka. Jadi kita ke lokasi untuk melihat kewenangan siapa dulu,” katanya.

Dewi Apriliyani menjelaskan setelah mengecek secara langsung, pihaknya akan membantu memberikan solusi agar permasalahan ini bisa segera diatasi, namun tentunya kelompok tani harus tetap mengusulkan melalui mekanisme yang ada.

“Kami nanti arahkan mereka untuk mengajukan permohonan, memang bukan solusi satu-satunya tapi setidaknya bisa mengurangi permasalahan air, memang ada beberapa alternatif terkait program tapi melihat kondisi yang ada, kalau disini kami arahkan rehabilitasi jaringan irigasi tersier dan irigasi air tanah,” jelasnya.

Lebih lanjut Dewi mengatakan terkait kapan pelaksanaannya harus melalui beberapa tahapan namun secara garis besar pihaknya akan membantu memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi para petani.

Ketua Kelompok Tani Sumber Rahayu, Zaenal Abidin mengatakan dirinya bersama kelompok tani di Desa Sendangkulon selama ini kesulitan mendapatkan air untuk lahan mereka, bahkan bersama anggota kelompok tani harus menyewa mesin penyedot air untuk mengairi sawah mereka.

“Sementara ini kami menyewa mesin agar bisa mengairi sawah. Setiap sewa itu bisa minimal menghabiskan uang Rp 200 ribu untuk satu kali,” ungkap Zaenal.

Zaenal juga berterima kasih kepada Anggota DPRD Kendal Fraksi PDIP, Munawir yang telah memfasilitasi Kelompok Tani Sumber Rahayu dengan dinas terkait.

“Kami berharap Dinas terkait segera memberikan solusi terkait permasalahan yang kami hadapi saat ini,” harapnya.

Ketua Komisi A Munawir saat sidak Bersama Dispertan Kendal
Ketua Komisi A Munawir saat sidak Bersama Dispertan Kendal

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kendal, Munawir mengatakan, sebelumnya para kelompok tani tersebut datang untuk menyampaikan keluhan terkait permasalahan sulitnya air untuk mengairi lahan mereka.

Dari pertemuan tersebut akhirnya, dirinya mengajak dinas terkait yakni Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal, untuk melihat langsung kondisi di lokasi, sekaligus bertemu dengan kelompok tani dan mencari solusi bersama.

“Jadi ini kami bersama dinas terkait melakukan pengecekan di lapangan, untuk mengetahui kondisi sebenarnya dan ingin tahu penyebabnya. Serta mencari solusi. Alhamdulillah sudah ada solusi dan dalam waktu dekat akan terealisasi,” kata Munawir.(Win).