Tim Gabungan Mulai Tertibkan Pedagang Pasar Weleri 1

BOSTHOMSON, KENDAL – Personil Gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan Instansi terkait dari Pemerintah Kabupaten Kendal menggelar Apel dalam rangka mengawal pemindahan aktivitas para pedangang di Pasar Weleri I ke Pasar Sementara di Teriminal Bahurekso Desa Jenarsari Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal, Selasa (28/12/2021) di halaman sebelah barat Pasar weleri I yang terbakar.

Kapolres Kendal melalui Kabag Ops Polres Kendal, Kompol winarno saat memimpin apel, memberikan arahan kepada para personil yang terdiri dari 131 personil Polres, 60 personil  TNI, 15 personil dari Satpol PP, 15 personil Dishub Kabupaten Kendal serta sejumlah personil dari PT. KAI.

Kabag Ops Polres Kendal menjelaskan sesuai dengan rapat konsolidasi antara TNI, Polri dan Instansi terkait bahwa mulai Selasa (28/12/2021) pihaknya bersama personil gabungan mulai melakukan pembersihan lokasi Pasar weleri I secara bertahap serta melakukan pengawalan dan membantu para pedagang dalam mengemas barang dagangannya untuk dipindahkan ke lokasi pasar sementara.

“Hari ini kami mulai melakukan action terkait eksekusi atau pembersihan, namun ini kami lakukan secara bertahap tidak mungkin satu hari ini selesai, tapi bertahap dengan hari-hari berikutnya dengan melihat situasi lapangan terutama ” jelas Kompol Winarno.

Kompol Winarno mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan beberapa armada yang bisa digunakan untuk membantu para pedagang mengangkut barang dagangan mereka.

“Khusus dari Polres menyediakan dua truk, kemudian dari marinir juga ada dari instansi-instansi lain juga ada.

Kabag Ops Kompol Winarno bersana Kadisdag Ferinando Rad Bonay sedang berkoordinasi dengan petugas gabungan dalam rangka pemindahan aktivitas pedagang pasar weleri 1
Kabag Ops Kompol Winarno bersana Kadisdag Ferinando Rad Bonay sedang berkoordinasi dengan petugas gabungan dalam rangka pemindahan aktivitas pedagang pasar weleri 1

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kendal, Ferinando RAD Bonay mengatakan, kegiatan hari ini dalam rangka pemindahan pedagang pasar ke Terminal Bahurekso Kendal.

“Jadi hari ini kita mulai pindahkan semua pedagang sayur, termasuk PKL yang di pinggir jalan. Kemudian pedagang di dalam pasar Weleri 1 sudah kami minta untuk berkemas. Pelaksanaanya berangsur-angsur dan mulai hari ini tidak boleh ada aktivitas disini,” jelasnya.

Menurut Feri pihaknya sudah mensosialisasikan sebelumnya kepada para pedagang terkait pemindahan aktivitas pedagang Pasar Weleri 1.

“Jadi kami sudah sosialisasikan ke masing-masing koordinator pasar dan paguyuban, dalam pelaksanaan pemindahan secara bertahap, tapi toleransi kami berikan batas waktu sampai tanggal 2 Januari 2022,” imbuhnya.(Win).