Tiga Kepala Desa Antar Waktu Di Kendal Dilantik

BOSTHOMSON, KENDAL – Bupati Kendal Dico M Ganinduto memimpin Pelantikan Kepala Desa Antar Waktu Terpilih Tahun 2022, di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Kamis (24/2/2022).

Tiga Kepala Desa Antar Waktu Terpilih yakni, Heru Waluyo Kepala Desa Tanjungmojo Kecamatan Kangkung, Nur Salim Kepala Desa Karangmanggis Kecamatan Boja dan M Haedar Faizal Kepala Desa Mulyosari Kecamatan Sukorejo.

Acara pelantikan di Pendopo Tumenggung Bahurekso dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Moh Toha dan dihadiri Camat Boja Sucipto, Camat Sukorejo Mansyur dan Camat Kangkung, Ardhi Prasetyo beserta Forkopimcam masing-masing wilayah dan juga istri para Kades yang dilantik.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto dalam sambutanya mengucapkan selamat kepada kepala desa pengganti antar waktu yang terpilih. Dirinya berharap di masa peningkatan angka Covid-19 di Kabupaten Kendal bisa menjadi perhatian khusus para kepala desa untuk bersama-sama menekan angka Covid-19 dengan selalu mengingatkan protokol kesehatan kepada masyarakat.

“Kita harus fokus dalam penanganan Covid-19. Dan selalu mengingatkan protokol kesehatan dan memakai masker pada masyarakat. Sehingga varian omicron ini bisa kita tekan. Harapannya setelah puncaknya pada akhir Februari atau awal maret bisa melandai,” ujar Bupati Kendal.

Dico menekankan kolaborasi pemerintah desa dan pemerintah daerah untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Kendal. Ada tiga indikator peningkatan IPM yakni Pendidikan, Kesehatan dan Pendapatan perkapita.

“Setelah pandemi masih banyak PR kita salah satunya pemulihan ekonomi. Kita sinkronkran program kita terutama untuk meningkatkan IPM kita. Kita berharap bisa menyelesaikan permasalahan di desa-desa secara merata,” ungkapnya.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Kendal, Sudaryanto mengatakan tiga kepala desa yang dilantik tersebut untuk mengganti kepala desa yang diberhentikan karena meninggal dunia.

“Secara normatif karena kepala desa sebelumnya diberhentikan karena meninggal dunia. Kepala desa yang digantikan itu hasil pilkades serentak tahun 2020. Nah kepala desa antar waktu yang dilantik ini masa jabatannya sampai dengan masa jabatan kepala desa yang digantikan jadi sampai tahun 2026,” ujar Sudaryanto.

Sementara itu salah satu kepala desa pengganti antar waktu terpilih dari desa Tanjungmojo Kecamatan Kangkung, Heru Waluyo mengatakan program kerja yang segera akan dilaksanakan adalah menerapkan disiplin waktu kepada seluruh perangkat desa.

“Saya memakai finger print agar disiplin intern dulu. Bahwa jam kerja kita dari jam 07.00 sampai 15.30 wib. Selain saya akan merangkul seluruh masyarakat di Tanjungmojo. Mari kita bersama-sama untuk membangun Tanjungmojo lebih baik lagi,” pungkasnya.(Win).