Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki meresmikan saat program BKK

Tepati Janji Kampanye Bupati Dan Wakil Bupati Kendal Realisasikan Dana 100-300 Juta Per Dusun

BOSTHOMSON – Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki akhirnya menepati janji kampanyenya terkait dana 100 hingga 300 juta per dusun melalui program Bantuan Keuangan Khusus (BKK).

Hal itu dibuktikan Bupati Kendal Dico M Ganinduto dengan meresmikan program BKK kepada Pemerintah Desa Berbasis Dusun 100 hingga 300 juta serta Program Santunan Kematian bagi Fakir Miskin di Balai Desa Karangtengah kecamatan Kaliwungu, Senin (7/6/2021).

Bupati Dico mengatakan Program BKK adalah salah satu program startegis untuk pembangunan dan pemberdayaan
masyarakat desa.

“Program ini akan mulai dilaksanakan seluruh wilayah di Kendal tahun 2022, langkah persiapan akan disalurkan ke 19 desa di 19 kecamatan. Ini sesuai dengan janji kampanye kami bahwa dusun akan mendapatkan anggaran Rp100 juta sampai Rp300 juta,” ujarnya.

Bupati menjelaskan nantinya program yang dibiayai oleh BKK tersebut terdiri dari Program Infrastruktur Bidang Pembardayaan Masyarakat, Program Pembangunan SDM, Bidang Pembardayaan Masyarakat, dan Program Pengembangan Ekonomi Mikro. Dan akan diberikan kepada Pemerintah Desa sesuai kemampuan keuangan daerah, melalui musyawarah desa dan Kepala Desa setelahmenyampaikan proposal kepada bupati melalui camat sesuai dengan skala prioritas.

“Pengalokasian besaran Bantuan Keuangan Khusus setiap Dusun diberikan paling sedikit sebesar Rp100 juta dan paling banyak Rp300 juta. Kemudian untuk proposal dari Pemerintah Desa yang sudah masuk ada sebanyak 1.794 proposal, dari 1.165 Dusun. Selanjutnya, untuk proposal yang sudah lolos diverifiikasi ada sebanyak 1.001 proposal,” jelas Bupati Dico.

Selain meresmikan program 100 hingga 300 juta per dusun melalui program BKK, Bupati juga melauching program bantuan keuangan kepada Fakir Miskin, sebagai salah satu dari Program 100 (seratus) hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Kendal bagi Fakir Miskin yang bertujuan untuk membantu meringankan beban keluarga yang saat ini ditinggalkan oleh anggota keluarga yang sangat dicintai.

“Saya memahami bahwa Bantuan Sosial berupa Santunan Kematian sebesar 1 juta tidak banyak, namun kepada ahli waris yang akan menerima bantuan ini agar dapat dimanfaatkan dengan baik dan bermanfaat bagi keluarga yang ditinggalnya,”pungkas Bupati Kendal.(Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *