Temui Bupati, PAMMI Minta Kelonggaran Terhadap Insan Seni

BOSTHOMSON, KENDAL – Pengurus dan Anggota Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI) Kabupaten Kendal, bersilaturahmi dengan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto di Ruang Kerja Bupati, Jumat (3/9/2021).

Ketua PAMMI Kendal, Bambang Dwiyono mengatakan, pertemuan tersebut dalam rangka silaturhami sekaligus audiensi dan mencari solusi permasalahan yang saat ini dihadapi para artis musik di Kabupaten Kendal.

“Hari ini, PAMMI bersilaturahmi, sekaligus memberanikan diri menghadap bapak Bupati, untuk meminta ijin, agar kami bisa beraktivitas dan menjawab kerinduan masyarakat. Kami juga meminta arahan dari beliau, karena pandemi di Kendal sudah melandai dan sudah dua tahun kami tidak melakukan aktivitas seni,” ungkapnya.

Bambang yang juga mantan Sekda Kendal tersebut menjelaskan, pengurus dan anggota PAMMI Kendal menyadari. Kondisi pandemi yang membatasi kegiatan masyarakat, salah satuya dalam menggelar pentas musik.

Untuk itulah, PAMMI Kendal meminta agar diberikan ijin untuk kembali melakukan aktivitas dalam menghibur masyarakat. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bambang juga menyebut, dampak dari pandemi sangat dirasakan anggota PAMMI, mulai dari artis, pemain musik, persewaan alat pesta sampai persewaan sound system.

“Kami mohon kepada bapak Dico, agar bisa diijinkan menggelar hiburan di lingkungan yang kecil. Misalnya di rumah menghibur acara hajatan atau hiburan yang sifatnya pribadi dengan penonton yang dibatasi dan juga menyanyi di kafe dengan penonton yang tertib. Jadi intinya hanya ketertiban,” jelasnya.

Selain itu, Bambang juga menyebut, pihaknya juga akan ikut membentuk Gugus Covid di lingkungan para artis dan seniman, dalam rangka ikut memutus mata rantai penyebaran Covid, khususnya di Kabupaten Kendal.

“Tadi arahan dari bapak Bupati, beliau berkenan, karena perekonomian ini perlu diangkat, perlu diberi semangat dan kesempatan. Jadi kami diberi kesempatan bisa main, bisa beraktivitas, sehingga ada penghasilan. Tentunya bapak Bupati berpesan agar tetap menerapkan prokes yang ketat dan mengikuti aturan pemerintah,” imbuh Bambang.

Sementara itu, Plt Kepala Disporapar Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi, yang mendampingi PAMMI menghadap Bupati menyampaikan, Bupati sangat apresiasi apa yang dilakukan pengurus dan anggota PAMMI.

Menurutnya, Bupati memahami kondisi yang ada yang dialami anggota PAMMI, dan meminta agar ada solusi terkait hal ini.

“Bapak Bupati berpesan kepada kami untuk berkoordinasi dengan PAMMI. Insya Allah minggu depan kami akan duduk bersama untuk membahas penyusunan draft juknis terkait hal ini. Karena di masa pandemi ini kita harus punya kreativitas dan inovasi di dalamnya,” jelas Wahyu.

Selain itu, lanjutnya, Bupati Kendal juga mendorong agar ada peningkatan kulitas atau kapasitas SDM. Misal, bagaimana menjadi MC atau penyanyi yang tidak hanya di level lokal tapi bisa ke tingkat nasional.

“Insya-Allah ini akan kita lakukan belajar bersama. Misalnya, bagaimana membentuk MC, Singer yang baik seperti apa, attitudenya seperti apa dan sebagainya,” pungkas Wahyu. (Hans).