Tanah Longsor Timpa Empat Rumah di Boja

BOSTHOMSON, KENDAL – Bencana alam tanah longsor dikabarkan terjadi di Dusun Siberi RT 02 RW 04 Desa Banjarejo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal, Kamis (6/1/2022).

Kejadian longsor diakibatkan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang mengguyur wilayah Kecamatan Boja dan sekitarnya, sekira pukul 15.00 WIB.

Tanah longsor yang terjadi sekira pukul 17.00 WIB tersebut, mengakibatkan empat rumah warga rusak berat dan ringan.

Babinsa Koramil 13/Boja, Serda Suyono dalam laporannya memaparkan, empat rumah yang rusak yakni milik Sri Indarti (57), Bintaro Laksono (40), Suko Siswanto (70) dan Zulka Mei Tria (44).

“Kami laporkan, keempat rumah warga tersebut, masing-masing dihuni empat jiwa. Kejadian longsor tadi tidak ada korban jiwa,” terangnya.

Dijelaskan oleh Suyono, sekira pukul 15.00 WIB, curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang mengguyur wilayah kecamatan Boja dan sekitarnya.

Kultur tanah yang gembur dan lokasi pemukiman yang bertebing sehingga tanah tidak mampu menahan gerusan air hujan dan mengakibatkan dua rumah bagian belakang ikut longsor.

“Dikarenakan lokasi pemukiman warga berundak, sehingga material bangunan dan tanah longsor menimpa dua rumah yang berada di posisi di bawahnya,” jelas Serda Suyono.

Disampaikan, meski tidak memakan korban jiwa, namun bencana tanah longsor mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah.

“Untuk lokasi yang terdampak sebagian sudah dibersihkan dan para korban tanah longsor kami ungsikan sementara ke rumah tetangga,” imbuh Suyono.

Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Forkopimcam Boja, BPBD Kecamatan Boja, Babinkamtibmas, Kades dan Kadus Desa Banjarejo.

“Rencana besok personel gabungan akan melanjutkan pembersihan lokasi terdampak longsor dibantu dengan masyarakat setempat,” pungkas Serda Suyono. (Hans).