Sukses Laksanakan Vaksinasi Kepada 409 Warga, Pemdes Pucangrejo Kini Sasar Vaksinasi 18 ODGJ

BOSTHOMSON, KENDAL – Petugas Puskesmas Gemuh II bersama Pemerintah Desa Pucangrejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal mendatangi rumah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di Desa Pucangrejo guna memberikan suntikan vaksin Covid-19, Sabtu (28/8/2021).

Vaksin jenis Sinopharm khusus penyandang ODGJ dan Disabilitas tersebut diberikan kepada 18 orang penyandang ODGJ guna mencegah penyebaran Virus Covid-19 terutama di Desa Pucangrejo.

Kepala Desa Pucangrejo Agus Riyanto mengatakan pemberian vaksinasi dilakukan secara door to door kerumah warga penyandang ODGJ oleh petugas Puskesmas Gemuh II didampingi oleh kadus setempat.

“Kami bersama para kadus kerumah warga yang ODGJ mendampingi petugas Puskesmas untuk memberikan vaksinasi kepada mereka,” kata Kades Pucangrejo.

Agus menjelaskan, warga penyandang ODGJ yang divaksin merupakan ODGJ yang sudah terpantau kesehatannya dan teratur minum obat.

“Kami selalu memantau dan selalu mengawasi perkembangan dari warga ODGJ di desa kami. Karena warga kami memang termasuk yang banyak di Kecamatan Gemuh,” ujarnya.

Kepala Puskesmas Gemuh II, dr Fitroh mengatakan, Desa Pucangrejo memiliki penyandang ODGJ terbanyak dari 16 desa di Kecamatan Gemuh yang di vaksinasi yakni 18 orang.

“Desa Pucangrejo ini terbanyak ODGJnya dan menjadi desa yang ketiga dilakukan vaksinasi untuk ODGJ di wilayah Kecamatan Gemuh. Pertama Desa Poncorejo, kemudian Gebang dan disini hari ini,” katanya.

Fitroh mengungkapkan pihaknya menyediakan 40 vial vaksin Sinopharm untuk penyandang ODGJ maupun pendampingnya satu dosis untuk satu orang.

“Kita membawa 40 vial, satu dosis untuk satu orang. Selain untuk ODGJ juga bisa untuk para penyandang disabilitas dan cacat. Pendamping ODGJ juga bisa kita suntikkan juga,” terangnya.

Sementara itu, menurut pengakuan salah seorang pendamping ODG, Siti Asma (71) selaku ibu dari Wati salah satu ODGJ, merasa bersyukur, anak dan cucunya mendapatkan vaksinasi.

“Alhamdulillah saya sendiri sudah divaksin. Sekarang giliran anak dan cucu saya yang di vaksin. Anak saya sudah lama menderita ODGJ dan kami selalu mengawasi, biar tidak kemana-mana. Semoga anak kami segera sembuh dan kami terhindar dari virus corona,” ungkapnya.

Yang menarik dalam giat vaksinasi ini, saat salah satu ODGJ yang akan divaksin, Aji, warga RW 6, yang sehari-hari berada di tempat pemakaman desa setempat.

Saat mengetahui ada beberapa orang yang datang, dirinya lantas kabur dari tempat pemakaman. Saat dicari oleh petugas puskesmas, Forkopimcam dan Babinsa, ODGJ atas nama Aji sudah melarikan diri.

Sebelumnya, Pemdes Pucangrejo sudah melaksanakan vaksinasi pada Rabu (25/8/2021) di balai desa setempat dengan peserta melebihi target. Dari 350 kuota, ada 409 warga yang divaksin. (Win)