Silaturahmi Dengan Petugas Penyapu Jalan, Pakde Bas : Kita Ingin Melihat Mereka Bergembira

BOSTHOMSON, KENDAL – 298 tenaga penunjang kebersihan di Kabupaten Kendal hadir mengikuti acara “Sapu Sampah (Sahabat Peduli Sampah) Ramah Tamah Penyapu Jalan dengan Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki di Taman Gajahmada Karangsari Kecamatan Kendal, Jumat (12/8/2022).

Acara yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kendal merupakan agenda rutin sebagai pembinaan sekaligus silaturahmi dengan para petugas penyapu jalan.

Kepala DLH Kabupaten Kendal, Aris Irwanto mengatakan jumlah personel penyapu jalan masih sangat minim. Menurutnya saat ini personel penyapu jalan hanya berjumlah 298 orang

“Memang kalau dilihat dari luasan yang kita kelola di Dinas Lingkungan Hidup atau Pemerintah Kabupaten Kendal itu sebetulnya sangat kurang dan minim sekali,” katanya.

Sehingga dirinya meminta kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sampah di sekitar rumah masing-masing. Terkait gaji tenaga penyapu jalan di Kabupaten Kendal saat ini masih dibawah standar UMR Kabupaten Kendal.

“Gaji tenaga penunjang kebersihan saat ini hanya Rp 1,6 juta per orang. Semoga ke depannya bisa ditingkatkan lagi. Syukur-syukur bisa standar upah Kaupaten Kendal,” harapnya.

Aris menambahkan, di hari sebelumnya, DLH juga menyelenggarakan kegiatan yang sama dan mengundang lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan para pegiat lingkungan hidup.

“Banyak pihak yang mendukung ksgiatan kami. Dari pramuka, OSIS, mahasiswa, pecinta alam, PKK dan organisasi lainnya. Mereka setiap minggu mengadakan giat kebersihan di Taman Gajahmada ini,” imbuhnya.

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki mengapresiasi atas kegiatan silaturahmi semacam ini bisa lebih mempererat jalinan silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Kendal dengan tenaga kebersihan.

“Momentum ini sebagai ajang silaturahmi. Selain itu kita bisa mengenal dengan para pekerja sampah ini sehingga suasana suka ini bisa dirasakan seluruh masyarakat yang tergabung di DLH terutama petugas kebersihan,” ungkap Wakil Bupati.

Kegiatan Sapu Sampah (Sahabat Peduli Sampah) digelar bertepatan dengan hari ulang tahun ke-54 istri Wakil Bupati Kendal ,Fausijati. Dimana para petugas penyapu jalan dan jajaran DLH bersama-sama memberikan kejutan kepada Fausijati.

Wabup yang akrab disapa Pakde Bas tersebut, juga mengatakan dirinya ingin berbagi rasa dan rejeki bersama para tenaga penunjang kebersihan yang ada di Kabupaten Kendal di hari ulang tahun istrinya tersebut.

“Semoga dengan kegiatan seperti ini, para penyapu jalan bisa ikut merasakan kebahagiaan yang kita rasakan. Kita bergembira mereka juga ikut bergembira. Karena mereka juga masyarakat kita, rakyat kita juga,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Pakde Bas berharap kepada masyarakat dan para penunjang kebersihan untuk terus mendukung program Pemerintah Kabupaten Kendal dalam kebersihan lingkungan.

Sementara itu salah seorang tenaga kebersihan, Rumi Kusrini (38) warga Bulugede Ngampel mengaku, sudah sejak 2018 menjadi tenaga kebersihan.

Setiap hari ia membersihkan sepanjang jalan 600 meter di jalan Pemuda Kota Kendal. Dijelaskan, dirinya membersihkan dari lampu merah Pemuda hingga SMA Muhammadiyah 4 Kendal.

“Alhamdulillah dengan adanya acara bersama bapak Wakil Bupati Kendal beserta istri, tenaga kebersihan seperti kami ini merasa diperhatikan. Semoga tenaga seperti kami ini bisa diangkat menjadi tenaga penunjang kegiatan (TPK),” ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan pernyataan komitmen bersama Sahabat Peduli Sampah “Sapu Sampah” oleh Wakil Bupati dan istri. (Win).