Siap Dipindahkan, Pedagang Pasar Weleri 1 Minta Pedagang Sayur Malam Juga Dipindahkan

BOSTHOMSON, KENDAL – Proses pemindahan aktivitas pedagang Pasar Weleri 1 yang terbakar, ke lokasi pasar sementara di Terminal Bahurekso Kendal, di Desa Jenarsari, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal mulai dilaksanakan, Selasa (28/12/2021).

Meskipun beberapa pedagang sudah mulai berkemas menata dagangan yang akan dipindahkan, namun juga terlihat ratusan pedagang yang masih berjualan dan menempati kios dan los di lokasi Pasar Weleri 1 yang terbakar.

Sebagian merasa keberatan jika yang diminta pindah hanya pedagang yang jualan di dalam pasar saja.

Mereka meminta pedagang pasar yang berjualan di sekitar area stasiun Weleri, di pinggir jalan dan yang di seberang jalan Pasar Weleri juga ditertibkan.

Seperti yang diungkapkan Pedagang cabe, Nur (63), ia meminta pemindahan dilakukan kepada semua pedagang, dan tidak ada pilih kasih.

Menurutnya, kalau hanya pedagang yang di dalam pasar, sedangkan yang lainnya tidak dipindah, maka para pedagang akan kembali ke tempat berjualan di Pasar Weleri 1 di bekas yang terbakar.

“Ya harus adil. Semua pedagang harus pindah. Jangan ada yang dibiarkan berjualan. Terutama pedagang di sekitar stasiun Weleri atau pedagang sayur yang mulai beraktivitas malam hari. Itu juga harus ditertibkan,” kata Nur yang diiyakan oleh pedagang lainnya.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Weleri 1 Korban Kebakaran, Suwarno pun terlihat turun tangan. Dengan menggunakan pengeras suara, ia berkeliling dan memberitahukan kepada para pedagang yang masih berjualan.

“Bapak-bapak, ibu-ibu, kami minta mulai hari ini untuk mengemasi dagangannya dan bersiap untuk pindah ke Terminal Bahurekso. Karena dari Pemerintah sudah memerintahkan untuk melaksanakan proses pemindahan dimulai hari ini. Jadi sampai dengan tanggal 2 Januari 2022 nanti, pasar Weleri sudah kosong dan tidak boleh ada aktivitas jualan,” kata Suwarno menggunakan TOA, Selasa (28/12/2021).

Sebelumnya Bupati Kendal Dico M Ganinduto menegaskan pemindahan aktivitas pedagang Pasar Weleri 1 ke Pasar Sementara Terminal Bahurekso Jenarsari direncanakan mulai dilaksanakan Selasa (28/12/2021) secara bertahap hingga Senin (3/1/2022) mendatang. (Win).