Pelaksanaan Vaksinasi Lansia di masjid Purin Desa Purwokerto Kecamatan Patebon. Rabu (14/4/2021)

Selama Puasa, Dinkes Jemput Bola Vaksinasi Covid-19 Kepada Lansia

KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal tetap melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 meski di bulan Ramadhan. Seperti halnya vaksinasi yang dilakukan di Masjid Purin Desa Purwokerto Kecamatan Patebon kabupaten Kendal. Rabu (14/4/2021)

Dinas Kesehatan setempat melakukan vaksinasi terhadap 140 warga Lanjut usia (Lansia), dengan waktu pelaksanaan setiap pagi hari dan malam hari setelah pelaksanaan salat tarawih.

Masing-masing sesi mencakup 70 lansia namun lebih diintensifkan di pagi hari mulai pukul 07.00 – 10.00 WIB dan sisanya dilakukan pada malam hari atau esok hari.

Ketua Takmir Masjid, Muhtarom Effendy mengatakan pihaknya mendukung penuh pelaksanaan vaksinasi saat Ramadhan. Menurutnya dengan mengikuti vaksinasi menjadi bagian ibadah dalam memerangi pandemi Covid-19.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa awalnya ada 170 orang lansia yang didata untuk mendapatkan vaksin Covid-19, namun hanya 140 orang yang lolos untuk di lakukan vaksinasi.

“Awalnya lansia di kami didata 170 orang, lolos 140 orang. Vaksinasi dilakukan dua hari karena saat puasa agar semuanya berjalan lancar,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay menjelaskan, program vaksinasi yang menyasar pelayan publik dan lanjut usia akan terus dilakukan selama Ramadhan saat pagi hari mulai pukul 07.00 – 10.00 WIB dan saat malam hari selepas salat tarawih.

“Kami sudah intruksikan agar puskesmas menyiasati waktu-waktu terbaik. Sekarang jaraknya juga diperlebar 28 hari antara dosis pertama dengan dosis kedua,” ujarnya.

Feri menambahkan dalam pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia, saat ini Dinas kesehatan Kabupaten Kendal telah menerapkan program jemput bola.

“Saat ini diarahkan ke lansia dengan metode jemput bola. Warga sudah tidak lagi datang ke puskesmas, namun petugas akan menggalang vaksinasi langsung di tiap desa-desa,”ujar Feri.

Saat vaksinasi jemput bola, setiap puskesmas minimal menerjunkan 1 tim yang terdiri 10 tenaga kesehatan untuk bergerak di lapangan. Satu tim lainnya bertugas memberikan pelayanan kesehatan di puskesmas masing-masing.

Feri  juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak menjalani vaksinasi agar makan terlebih dahulu. Baik makan sahur, maupun makan saat berbuka puasa.

Hingga saat ini pemerintah kabupaten Kendal telah menyelesaikan sebanyak 19 persen dari total target yang akan divaksin yakni kepada tenaga kesehatan, petugas pelayan publik maupun lansia. Diharapkan target vaksinasi bisa selesai pada bulan juni mendatang.(Win)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *