Sambil Nge-Gowes Kapolres Resmikan Posko Wisata Sehat di Pantai Ngebum

BOSTHOMSON KENDAL – Dengan dibukanya kembali tempat-tempat wisata di Kabupaten Kendal, diharapkan bisa meningkatkan gairah perekonomian bagi pelaku wisata dan masyarakat sekitar.

Namun dalam pelaksanaannya protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat, sehingga bisa mencegah resiko terjadinya klaster penyebaran Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Kendal, AKBP Yuniar Ariefianto, saat meresmikan Posko Wisata Sehat, Sabtu (16/10/2021) di Pantai Ngebum, Kecamatan Kaliwungu.

Kegiatan Polres ini diawali dengan Gowes Wisata ke Pantai Ngebum bersama TNI dan Pemkab Kendal untuk mengecek penerapan protokol kesehatan.

Perjalanan Gowes menempuh jarak sekitar 16 kilometer, yang dimulai dari Mapolres Kendal menuju Pantai Ngebum. 

Menurut Kapolres, Posko Wisata Sehat ini didirikan, untuk memastikan tempat wisata benar-benar menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Sehingga para pengunjung atau wisatawan di Pantai Ngebum ini terbebas dari penyebaran Covid-19,” ujar Yuniar didampingi Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Iman Widhiarto.

Dijelaskan oleh Kapolres, Posko Wisata Sehat dijaga petugas wisata bersama anggota TNI dan Polri yang akan melakukan pemeriksaan suhu badan dan pemeriksaan sudah divaksin.

Untuk itu, setiap pengunjung yang hendak masuk kawasan wisata dipastikan tidak terpapar Covid-19, maka selain diperiksa suhu badan, juga harus sudah divaksin.

“Di Posko disediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer serta barcode scan aplikasi peduli lindungi. Pada hari-hari tertentu juga ada pelayanan vaksinasi bagi pengunjung yang belum divaksin,” jelas Yuniar.

Selain melaunching berdirinya Posko Wisata Sehat, pihak Polres juga mengecek pelaksanaan protokol kesehatan dan memberikan pesan-pesan edukasi kepada para pengunjung agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu, Pengelola Wisata Pantai Ngebum, Bahrul Ulum, mengucapkan terima kasih kepada pihak Polres dan semua pihak yang membantu mendirikan Posko Wisata Sehat.

Dirinya berharap, dengan adanya launching Posko Wisata Sehat ini bisa memberikan kemanfaatan bagi pengelola, sehingga pengunjung merasakan kenyamanan. 

“Dengan adanya Posko Wisata Sehat akan memberikan manfaat bagi pengelola yaitu BJMDes Moro Berkah, sehingga bisa memberikan kenyamanan kepada pengunjung di sini,” ungkapnya. (Hans).