“Saling Mengingatkan” Pesan Ganjar Pranowo Saat Mengunjungi Posko Pasar Sehat kaliwungu

BOSTHOMSON, KENDAL – Usai mengunjungi kegiatan Vaksinasi Merdeka Candi di Stadion Utama Kebondalem Kendal, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang didampingi Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen Rudianto dan Kajati Jawa Tengah, Priyanto melakukan kunjungan ke Pasar Pagi kaliwungu, Senin (9/8/2021).

Ganjar Pranowo mengatakan kunjungannya ke Pasar Pagi Kaliwungu untuk mengecek langsung penerapan protokol kesehatann(Prokes) di pasar-pasar tradisional.

“Karena kita mau pasar ini bisa berjalan tapi prokesnya aman, maka kalau dilakukan satu rekayasa mulai mereka masuk, terus SOP untuk prokesnya ketat, termasuk vaksinasi yang dilakukan terus menerus maka pasar ini insyaallah aman,” katanya.

Ganjar mengungkapkan jika semua yang beraktifitas di Pasar bisa saling mengingatkan maka akan aktifitas di Pasar akan aman dan nyaman, ekonomi juga bisa berjalan.

”Kalau dalam sistem sosial kita ada Dasa Wisma, kalau kemudian di setiap pasar nanti ada Dasa Penjual, Dasa Bakul kalau sepuluh bakul mengingatkan ini akan gampang, kalau maskernya melorot maka diingatkan, belum cuci tangan ya diingatkan,” ungkap Ganjar.

Selain Pasar Kaliwungu Kendal, Ganjar juga menjelaskan ada beberapa pasar di berbagai daerah di Jawa Tengah yang dijadikan sebagai percontohan pasar sehat. Di antaranya di Pati dan Grobogan.

“Beberapa contoh dimulai dari Kendal kemarin Pati Pati terus Grobogan itu dicoba maka kita mau cek di beberapa tempat itu, minggu ini saya akan keliling untuk melihat praktek-praktek yang baik seperti di Kendal ini, relatif tadi saya lihat semuanya sudah pakai masker,”imbunya.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan posko pasar sehat saat ini sudah mendapat perhatian nasional dan dijadikan sebagai terobosan baru agar bisa menjadi percontohan daerah lainnya.

“Kita akan evaluasi setiap hari, kita lihat dimana kekurangannya nanti kita akan perbaiki harapannya tidak ada klaster baru Covid–19, dan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menerapkan protokol kesehatan dan memastikan ekonomi di Kendal tetap berjalan.

Dico berharap penyelenggaraan posko pasar sehat dapat mendorong pemulihan ekonomi di kabupaten Kendal sekaligus mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara Kapolres Kendal, AKBP Yuniar Ariefianto mengatakan pihaknya akan terus menjalin kerjasama dengan organisasi masyarakat maupun mahasiswa untuk memantau penerapan prokes di pasar tradisional.

“Tentunya kita akan mengupdate terus bagaimana sitem kolaborasi disini dan bagaimana memberdayakan ormas, okp maupun mahasiswa dan pedagang untuk menjaga dirinya sendiri agar pengendalian Covid-19 lebih terkontrol,” kata Kapolres.(Win)