Ribuan Masyarakat Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 DPC PDI Perjuangan Kendal

BOSTHOMSON, KENDAL – Ribuan masyarakat di Kabupaten Kendal mengikuti vaksinasi yang digelar atas inisiasi Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Jateng 1, Tuti Nusandari Roosdiono, Sabtu (18/9/2021).

Acara vaksinasi tersebut digelar di dua tempat yakni Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kendal dan dan SMP 3 Patebon, dengan kuota yang disediakan sebanyak 1.250 vaksin jenis Sinovac.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kendal, Akhmat Suyuti mengatakan, kegiatan vaksinasi dibagi di dua tempat mengingat antusias masyarakat sangat tinggi. Sebelumnya kuota yang disediakan berjumlah 1.000 vaksin namun karena antusias masyarakat yang mendaftar lebih sehingga kuota ditambah sebanyak 250 menjadi 1.250 vaksin.

“Karena antusias masyarakat tinggi dan kegiatan ini sangat membantu pemerintah dalam percepatan herd immunity, kemudian kami sampaikan kepada Ibu Tuti, selaku anggota Komisi IX DPR RI yang salah satu mitranya adalah Kementerian Kesehatan dan Alhamdulillah diberikan 1.000 vaksin kemudian ditambah 250 vaksin ,”kata Akhmat Suyuti.

Lebih lanjut Suyuti menjelaskan kegiatan vaksinasi yang dilakukan untuk mensukseskan program pemerintah dalam percepatan herd immunity ini para peserta mendaftar melalui nomor whatsapp yang sebelumnya telah disosialisasikan melalui media sosial dan para kader PDI Perjuangan.

“Kami mensosialisasikan kepada pengurus PAC sampai ranting PDI Perjuangan yang berbasis di kecamatan dan desa. Selain itu juga kami sosialisasikan melalui anggota fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Kendal untuk mensosialisasikan kepada dapilnya masing-masing,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay saat meninjau pelaksanaan vaksinasi mengatakan, vaksinasi kali ini dibagi di dua tempat karena kuota yang disediakan sejumlah 1.250 vaksin berjenis Sinovac dengan pettugas dari tim Dinkes Kendal yang berjumlah lima tim dibagi di dua tempat.

“Kami sediakan 1.250 dosis untuk hari ini, jenis vaksin yang kami gunakan ini adalah Sinovac. Jadi ini dibagi didua tempat agar tidak menyebabkan kerumunan tentunya, yang kantor DPC 750 dosis dan sisanya di SMP 3 Patebon,” ungkapnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Kasi Survaylance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Siswanto menambahkan, dalam rangka percepata vaksinasi, Kabupaten Kendal masuk wilayah Aglomerasi, sehingga harapannya di akhir September ini harus sudah selesai.

“Tadinya sasarannya 200, kini meningkat minimalnya menjadi 600 perhari, untuk masing-masing wilayah yang melaksanakan vaksinasi,” pungkas Siswanto.

Salah seorang peserta, Farida (34) warga Kaliwungu mengaku lega sudah mengikuti vaksinasi. Dirinya mengaku, selama ini kesulitan mengikuti vaksinasi karena aktivitas sehari-hari.

“Selama ini kami kesulitan untuk vaksinasi, karena tidak kebagian kuota. Alhamdulillah PDI Perjuangan mengadakan vaksinasi ini dan daftarnya melalui WA jadi sangat mudah,” ungkapnya. (Win).