Relokasi Pedagang Pasar Weleri Akan Segera Dilakukan Secara Bertahap

BOSTHOMSON, KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal secara bertahap akan melakukan pemindahan aktivitas para pedagang pasar Weleri I ke pasar darurat di Terminal Bahurekso Desa Jenarsari Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal mulai Selasa (28/12/2021) hingga Senin (3/1/2022) mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto, usai acara Pendistribusian Beasiswa dan Santunan Siswa dan GTT/PTT Miskin di SD Negeri I Penyangkringan Weleri, Senin (27/12/2021). Dico mengatakan pemindahan pedagang ke tempat relokasi akan dilakukan secara bertahap

“Informasi yang saya dapat pemindahan pedagang ke tempat relokasi pasar darurat atau sementara dimulai besok Selasa (28/12/2021) sampai dengan Senin (3/1/2022) secara bertahap,” terangnya.

Sementara, ketika ditanya terkait lokasi pembangunan Pasar Weleri akan dipindah atau di tempat lama, Dico menjawab, pihaknya masih merumuskan dan akan segera disampaikan kepada pedagang dan masyarakat.

Disisi lain Ketua Paguyuban Pasar Weleri 1 Bangkit, Suwarno, mengatakan para pedagang sebenarnya sudah mengajukan kepada Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Perdagangan, agar para pedagang diberi waktu dalam proses relokasi ke Pasar Darurat.

“Banyak para pedagang yang meminta agar proses pemindahan ke relokasi dilaksanakan setelah lebaran 2022 nanti, alasan dari para pedagang, untuk proses pindah ke relokasi membutuhkan biaya. Karena Pemerintah hanya menyediakan tempat lapak, Lantai kios belum diplester juga belum ada penyekatnya.

Suwarno menambahkan, selain tuntutan diundurnya jadwal relokasi, para pedagang juga meminta agar lokasi pasar yang dibangun nantinya, tetap di lokasi yang lama, dan tidak dipindah ke lokasi yang baru.

“Ya karena isunya kan pasar akan dipindah ke sebelah selatan atau Pasar Weleri 2. Jadi kami meminta kepada pak Bupati untuk ditempatkan di lokasi yang lama. Alhamdulillah pak Bupati menyetujui, namun dengan syarat para pedagang harus mau direlokasi pada bulan Desember ini,” ungkapnya.(Win).