PWI Kendal Gelar FGD , Peran Media Dan Pemuda Untuk Bangkit Pasca Pandemi Covid-19

BOSTHOMSON, KENDAL – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kendal menggelar Forum Group Discussion (FGD) dengan tema “Media dan Pemuda Bergandengan Tangan Jadi Pelopor Bangkit dari Pandemi Covid-19” di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Rabu (3/11/2021).

Acara dihadiri oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kendal, Ketua PWI Jawa Tengah, Ketua GP Ansor Kabupaten Kendal, Misbahul Munir, Forkopimda dan Organisasi Kepemudaan serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Sekda Kendal Moh Toha yang mewakili Bupati Kendal dalam sambutannya mengapresiasi acara yang diselenggarakan oleh PWI Kendal ini. Peran media sangat penting terutama untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Misalnya edukasi terkait protokol kesehatan, pentingnya vaksinasi, kapan jadwal vaksinasi, ini penting sekali. Kalau masyarakat tau dan sudan melakukan vaksinasi artinya kita bisa segera bangkit dari Pandemi Covid-19,” ujar Sekda Kendal.

Sekda meminta awak media di Kendal bisa membantu pemerintah dalam percepatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kendal dengan memberikan informasi yang benar kepada masyarakat.

“Saya percaya teman wartawan ini bisa ikut berpartisipasi dalam pertumbuhan ekonomi pasca Pendemi Covid-19,” tuturnya.

Ketua PWI Kendal menyerahkan Plakat kepada Ketua PWI Jateng dan GP Ansor Kendal
Ketua PWI Kendal menyerahkan Plakat kepada Ketua PWI Jateng dan GP Ansor Kendal

Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud, mendukung adanya kegiatan FGD ini, dirinya menegaskan wartawan yang bertugas menulis berita dan menyajikannya pada masyarakat harus memiliki kompetensi dan profesionalitas dalam bekerja.

“Mahkota penting seorang wartawan adalah pembuktian bahwa kita adalah wartawan yang mempunyai kompetensi dan profesionalitas. Kita harus memperhitungkan apa pengaruh dari tulisan ataupun siaran kepada masyarakat,” jelasnya.

Amir Machmud menekankan profesionalitas harus menggunakan etika dan kemampuan tehnis. Dan ini harus dimiliki oleh seorang wartawan.

Sementara itu Ketua GP Ansor Misbahul Munir mengatakan media sebagai sumber pemberi informasi kepada masyarakat sangat peting. Media sangat penting untuk memberikan informasi dan edukasi dalam pencegahan virus Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan di masa Pandemi.

“Kami dari GP Ansor juga akan selalu bersinergi dalam rangka membangun ekonomi warga dalam memberikan informasi yang baik dan bukan menakut-nakuti khususnya dalam pervepatan pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19. (Win).