Program Jumat Bersih, Babinsa Koramil 02/Patebon Bersama Warga Melaksanakan Kerja Bakti

BOSTHOMSON, KENDAL – Memasuki musim penghujan, warga Desa Bulugede, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal bersama Babinsa Koramil 02/Patebon melaksanakan kerja bakti bersih-bersih tumpukan sampah di saluran air, Jumat (31/12/2021).

Selain anggota Kodim 0715/Kendal, kegiatan gotong-royong juga diikuti anggota Bhabinkamtibmas Polsek Patebon dan Tim Kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kendal.

Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii, melalui Danramil 02/Patebon Kapten Inf Subowo mengatakan, dalam melaksanakan pembinaan teritorial, Babinsa harus selalu aktif terjun di tengah-tengah masyarakat.

“Selain itu, Babinsa harus bisa memberikan contoh dan teladan, serta membawa dampak positif bagi lingkungan daerah binaannya,” kata Danramil.

Ditegaskan, sebagai ujung tombak satuan teritorial di lapangan, aparat Babinsa terus membangun tali silaturahmi dan kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat, untuk dapat mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat guna menciptakan ketahanan wilayah yang kuat. 

“Warga di sini masih menjunjung tinggi budaya kearifan lokal, salah satunya gotong royong dalam setiap kegiatan, seperti pada kerja bakti bersih-bersih saluran di Desa Bulugede ini,” tandasnya.

Warga bersama Babinsa terlihat bahu membahu mengangkat sampah yang menghambat arus air kali, sekaligus pembersihan alang-alang dan rumput liar yang menghambat aliran air.

“Sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan Kawasan Desa binaan yang bersih, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas dan Tim Kebersihan DLH bersama dengan masyarakat melaksanakan kegiatan kerja bakti ini,” ungkap Danramil.

Sementara itu, Babinsa Koramil 02/Patebon Kodim 0715/Kendal Sertu Agung Saputro mengaku, tujuan kegiatan ini, agar tidak terjadi sumbatan di saluran air saat terjadi turun hujan air mengalir dengan lancar, mengurangi sarang nyamuk.

“Selain itu juga menghilangkan bau busuk, serta menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi,“ ujarnya.

Sertu Agung menjelaskan, pembersihan sampah dan rumput dalam rangka antisipasi banjir di musim penghujan.

“Pembersihan rumput menggunakan berbagai peralatan. Yakni mesin pemotong rumput, parang, pengki dan juga truk pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabulaten Kendal,” pungkasnya. (Win)