Polres Kendal Lakukan Jemput Bola Vaksinasi Terapung Bagi Nelayan

BOSTHOMSON, KENDAL – Nelayan merupakan salah satu komunitas yang cukup besar di Kabupaten Kendal namun masih minim yang mengikuti vaksinasi, sehingga menjadi alasan utama dijadikan sasaran vaksin bagi Polres Kendal dalam percepatan Herd Immunity.

Vaksinasi Terapung dilakukan di Kampung Nelayan Desa Gempolsewu Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Bahkan petugas Polres Kendal rela menjemput bola dengan mendatangi perahu-perahu nelayan yang baru tiba maupun yang akan berangkat melaut guna melakukan vaksinasi

Kapolres Kendal, AKBP Yuniar Ariiefianto saat meninjau Vaksinasi Terapung, Sabtu (9/10/2021), menjelaskan vaksinasi terapung merupakan pertama kali dilaksanakan oleh jajaran Polres Kendal. Menurutnya nelayan merupakan komunitas denganvaksinasi yang masih cukup minim karena para nelayan banyak yang  tidak bisa melakukan vaksinasi di Gerai Vaksinasi karena harus melaut. Sehingga dengan adanya vaksinasi jemput bola ke tempat nelayan diharapkan bisa mempermudah para nelayan yang ini mendapatkan vaksinasi.

“Capaian vaksinasi di Kendal sudah 60 persen lebih, namun untuk nelayan sendiri masih 30 persen, karena pada siang hari mereka baru kembali dari laut, dan sore hari mereka berangkat kembalinya pagi. Sehingga tidak memungkinkan mereka untuk mendatangi gera-gerai vaksinasi. Mau tidak mau kami melaksanakan vaksinasi jemput bola di muara melaksanakan vaksinasi terapung,” jelas Kapolres Kendal.

Yuniar berharap dengan vaksinasi jemput bola, Kabupaten Kendal segera bisa mencapai target 70 persen warga yang sudah tervaksin. Sehingga Kabupaten Kendal bisa turun di Level satu agar aktifitas bisa segera kembali normal.

“Untuk mencapai herd immunity 70 persen warga harus sudah tervaksin. Kami harapkan dengan pelaksanaan host spot seperti ini kami harapkan Kabupaten Kendal segera bisa mencapai level satu,” ujar Yuniar.

Petugas sedang melakukan Vaksinasi Terapung bagi nelayan
Petugas sedang melakukan Vaksinasi Terapung bagi nelayan

Vaksinasi Terapung Polres Kendal menyediakan sebanyak 500 dosis untuk para nelayan dan warga sekitar dan dilaksanakan dari pagi hingga sore hari. Selain itu Polres Kendal juga memberikan paket sembako dan sayuran kepada warga yang mengikuti vaksinasi.

Salah seorang nelayan yang baru saja pulang melaut Ridwan (46) mengaku senang bisa mengikuti vaksinasi terapung Polres Kendal. Dirinya mengatakan tidak bisa mengikuti vaksinasi di gerai vaksin karena harus melaut.

“Saya baru saja pulang melaut dan saya lihat disini ada kegiatan vaksinasi, langsung saya ikut, harapannya setelah di vaksin bisa sehat dan terhindar dari virus Covid-19, kerja bisa tenang. Terima kasih Pak Polisi saya sudah divaksin dan mendapatkan sembako sama sayuran,” ungkap Ridwan.(Win).