Polres Kendal Gelar Apel Operasi Lilin Candi 2021, Pastikan Perayaan Natal Dan Tahun Baru Berjalan Aman

BOSTHOMSON, KENDAL – Guna memastikan kesiapan dalam pengamanan menjelang Natal dan Tahun Baru 2021, Polres Kendal menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2021 di Mapolres Kendal, Kamis (23/12/2021).

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto yang menjadi pembina apel mengatakan Operasi Lilin Candi 2021 yang akan di laksanakan selama sepuluh hari mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang, harus dilakukan secara optimal agar masyarakat di Kabupaten Kendal bisa melaksanakan Ibadah Natal dan Tahun Baru dengan nyaman dan aman.

“Kejahatan dan gangguan harus kita cegah dan kita antisipasi. Ketika operasi ini berhasil masyarakat dapat melaksanakan Ibadan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman. Terutama dari bahaya Covid-19 yang hingga saat ini masih ada,” kata Bupati.

Selain itu Dico menghimbau kepada masyarakat untuk merayakan Natal dan Tahun Baru dirumah dan tidak melakukan perayaan yang menimbulkan kerumunan.

“Kita sudah himbau agar masyarakat dirumah tidak membuat perayaan yang besar seperti menimbulkan kerumunan, kemudian langkah lain sebagai antisipasi akan mendata warga Kendal yang melakukan mudik nanti tujuannya agar lebih mudah dalam hal tracing,” jelas Dico.

Secara terpisah Kapolres Kendal AKBP Yuniar Arefianto, mengatakan pihaknya telah menyiapkan 398 personil pada Operasi Lilin Candi 2021. Dirinya juga menyatakan tidak ada penyekatan pada pengamanan Natal dan Tahun Baru kali ini.

“Untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru kali ini tidak ada penyekatan maupun penutupan jalan, namun kita menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas apalagi saat ini muncul varian baru Omicron yang harus kita waspadai. Termasuk di pelaksanaan ibadah natal kita sudah melakukan simulasi di gereja – gereja agar menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” jelas Kapolres.

Usai Apel Operasi Lilin Candi 2021, Polres Kendal juga menggelar simulasi penanganan dan pencegahan Covid-19 oleh Satgas Covid-19.(Win).