Pimpin Apel Siaga Bencana, Bupati Himbau Masyarakat Segera Hubungi 112 Jika Terjadi Bencana

BOSTHOMSON, KENDAL – Guna mengantisipasi adanya bencana pada musim penghujan Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal, menggelar Apel Siaga Bencana 2021 di Lapangan Korowelangkulon, Kamis (4/11/2021).

Acara dihadiri oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, Ketua DPRD kabupaten Kendal, Muhammad Makmun,
Sekda Kendal, Moh Toha serta Forkopimda.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto yang memimpin Apel Siaga Bencana dalam sambutannya mengatakan
memasuki musim penghujan kewaspadaan dan kesiagaan perlu untuk dikedepankan, terutama dalam menghadapi munculnya potensi kebencanaan.

“Ini sangat penting demi menghindari jatuhnya korban jiwa atau kerusakan yang menimbulkan kerugian harta dan benda yang tentunya tidak kita inginkan bersama,” kata Bupati.

Bupati juga menghimbau kepada semua pihak dan masyarakat agar selalu menerapkan prinsip kesiapsiagaan dan meningkatkan kesadaran mitigasi bencana serta mengantisipasi sejak dini terjadinya bencana alam terutama melakukan pengecekan di wilayah yang potensi bencana alam seperti banjir dan longsor.

“Kita sudah bisa memetakan lokasi-lokasi yang akan terjadi bencana. Kita sudah berupaya untuk memastikan titik-titik bisa diselesaikan dengan tuntas, namun ternyata banyak lokasi-lokasi yang kompleksitasnya itu sangat tinggi sekali dan kita pastikan kalau terjadi kalau terjadi cuaca yang ekstrem sehingga masih ada beberapa titik yang akan dilanda oleh banjir,” ungkapnya.

Dico menjelaskan Desa Korowelangkulon yang di jadikan lokasi Apel Siaga tersebut merupakan salah satu lokasi yang kritis dan rawan bencana dan perlu penanganan yang melibatkan pemerintah, TNI/Polri dan seluruh unsur elemen masyarakat.

“Saya berharap dengan bekerja bersama-sama kita bisa menangani banjir dengan baik dan bisa memberikan kontribusi yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Kendal. Kita harus siap siaga memastikan bahwa kita merespon dengan cepat ketika terjadi bencana,” jelas Dico.

Bupati menghimbau masyarakat untuk tidak terlambat melaporkan jika suatu saat terjadi bencana dengan menghubungi nomor darurat 112.

Simulasi penanganan bencana oleh BPBD, SAR dan Relawan Kabupaten Kendal
Simulasi penanganan bencana oleh BPBD, SAR dan Relawan Kabupaten Kendal

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan simulasi penanganan bencana alam angin puting beliung disertai hujan deras yang mengakibatkan beberapa pohon tumbang menimpa rumah warga oleh petugas BPBD, SAR dan relawan.

Usai Apel Siaga Bencana Bupati bersama rombongan mengunjungi pameran UMKM dan memberikan bantuan sembako kepada para Nelayan sekitar.(Win).