Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri 2021, Pemkab Kendal Gelar Gema Sholawat

BOSTHOMSON, KENDAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal menggelar Gema Sholawat Akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021, di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Kamis malam (21/10/2021).

Acara dihadiri oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun, Sekda Kendal Moh Toha, Forkopimda Kendal, Ketua MUI Kendal Asroi Tohir, para pengasuh pondok
pesantren di Kabupaten Kendal, dan diikuti oleh panitia lomba, serta para juara lomba rangkaian Hari Santri Nasional.

Dalam sambutannya Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengajak seluruh
para jamaah untuk selalu melantunkan sholawat sebagai pengingat untuk melaksanakan ajaran Nabi Muhammad SAW.

“Mari kita senantiasa melantukan sholawat, agar kita selalu ingat ajaran Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam
dan menerapkannya pada kehidupan kita sehari-hari,'” ujar Dico.

Dico berpesan momentum Maulid Nabi Muhammad SAW bisa doiambil hikmah dan pelajaran dari sejarah hidup Rasulullah. Menurutnya kepribadian Rasulullah bukan hanya sebagai teladan, namun juga menjadi sumber inspirasi sepanjang sejarah peradaban umat manusia sampai akhir zaman.

“Melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021, mari kita mencontoh dari diri Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, sebagai Uswatun Hasanah, Mengubah kelakuan yang belum sesuai sunnah rasul untuk dirubah sesuai sunnah rasul, Membiasakan bersedekah, Membaca Al-Quran dan hadits, serta Melantunkan sholawat setiap saat,” ujar Bupati.

Selain itu pada acara tersebut Bupati juga memberikan selamat kepada para pemenang Lomba Hari Santri 2021.

“Saya apresiasi atas antusiasme para santri dalam mengikuti lomba. Saya turun dan terlibat langsung dalam memilih tema apa saja lomba yang akan dilombakan.saya harap prestasi yang telah diraih ini dapat bermanfaat bagi pengembangan diri secara pribadi serta juga untuk kemajuan pondok pesantren dan Kabupaten Kendal,” tuturnya.

Bupati Kendal menyerahkan hadiah kepada santri pemenang lomba rangkaian HSN 2021
Bupati Kendal menyerahkan hadiah kepada santri pemenang lomba rangkaian HSN 2021

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kendal, KH Asro’i Thohir berpesan kepada para santri untuk bisa menguasai teknologi informatika di era 4.0, supaya tidak ketinggalan zaman.

Manurutnya, jika para santri bisa memanfaatkan tehnologi dengan baik, maka semua pelajaran agama bisa maksimal, serta bisa menghindari hal-hal yang tidak sesuai dengan kaidah agama. Seperti mengakses situs yang tidak benar.

“Alhamdulillah saya lihat para santri bisa berkreativitas dan menciptakan inovasi produk untuk nantinya bisa dipasarkan baik secara langsung maupun online. Sehingga di Hari Santri Nasional 2021 ini, para santri sekaligus bisa bangkit di eranya,” ungkap Asro’i Thohir

Diakhir acara, Bupati Kendal menyerahkan hadiah lomba kepada para santri yang mengikuti serangkaian lomba HSN, dan melakukan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada kiai sepuh dan Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren Kabupaten Kendal. (Win).