Peringati Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58, Lapas Terbuka Kendal Gelar Syukuran dan Buka Bersama LPT dan PWI

BOSTHOMSON, KENDAL – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka Kelas IIB Kendal menggelar Syukuran Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 dan Buka Bersama LPT dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kendal, Selasa (26/4/2022).

Acara diawali dengan mengikuti secara virtual acara Tasyakuran yang digelar Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia RI dengan tema “Pemasyarakatan Pasti dan Berakhlak”.

Kepala Lapas Terbuka Kelas IIB, Rusdedy) mengatakan acara syukuran digelar dalam rangka memperingati HBP ke-58. Sebelumnya Lapas Terbuka IIB Kendal juga telah menggelar berbagai kegiatan lomba yang diikuti oleh warga binaan maupun petugas lapas.

“Alhamdulillah Lapas Terbuka mengikuti sebagian besar rangkaian kegiatan dari pusat. Kalau di Lapas Terbuka kita mengikuti kegiatan One Day One Prison’s Product yakni kegiatan lomba penjualan produk-produk narapidana,” katanya.

Foto Bersama dengan pemenang lomba  rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58
Foto Bersama dengan pemenang lomba rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58

Rusdedy menjelaskan Lapas Terbuka Kendal merupakan lapas produktif dibidang pertanian sehingga untuk mengikuti kegiatan One Day One Prison’s Product pihaknya harus mempersiapkan tiga hingga empat bulan sebelumnya.

“Namanya hasil pertanian harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Kita tanam tiga empat bulan sebelumnya targetnya panen bulan april sehingga bisa mendongkrak penjualan kita,” jelasnya.

Selain itu dirinya mengungkapkan ada berbagai macam produk pertanian maupun peternakan yang dihasilkan diantaranya jagung, bawang merah, telur, jamur, sayur-sayuran, dan cabe dengan omzet yang telah dihasilkan sekitar Rp 168 juta.

“Jagung yang paling banyak kita pasarkan. Kemarin hampir 20 ton, kemudian ada bawang merah sekitar 3 ton, telur ayam yang rutin tiap hari kita jual juga, cabe tiap minggu kita jual sekitar 100 kilogram lebih,”ungkapnya.

Acara dilanjutkan pemotongan tumpeng memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58 dilanjutkan penyerahan hadiah lomba kepada warga binaan dan petugas lapas serta penyerahan penghargaan dan bingkisan kepada para petugas lapas yang telah purna tugas.(Win)