Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapas Pemuda Plantungan, Bupati : Jangan Lupakan Sejarah

BOSTHOMSON, KENDAL – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 di Kabupaten Kendal dilaksanakan di Lapas Pemuda Kelas IIB Plantungan, Jumat (1/10/2021).

Bupati Kendal Dico M Ganinduto bertindak sebagai Inspektur Upacara, dihadiri oleh Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto, Dandim Kendal, Letkol Inf Iman Widiarto, Kepala Lapas Pemuda II B Palntungan, Agus Winarto, Kepala OPD serta diikuti oleh beberapa ASN dan warga binaan Lapas.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto menuturkan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapas bertujuan untuk tidak melupakan sejarah di Kabupaten Kendal.

Karena Lapas Pemuda Plantungan pernah menjadi tempat bersejarah dimana ratusan perempuan anggota Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani) pernah di asingkan

“Pada jaman dulu ada sejarah yaitu Gerwani yang pernah menjadi tahanan politik, maka ini menjadi satu sejarah yang harus selalu kita ingat, kita berharap kedepannya tidak ada yang bisa mengganggu NKRI dan Idiologi Pancasila,” tuturnya.

Bupati dan rombongan saat meninjau bangunan bersejarah di Lapas Pemuda Plantungan
Bupati dan rombongan saat meninjau bangunan bersejarah di Lapas Pemuda Plantungan

Usai Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila selanjutnya Bupati dan rombongan meninjau beberapa bangunan dilingkungan Lapas Pemuda di Kecamatan Plantungan yang pernah menjadi kamp tahanan politik usai tragedi Gerakan 30 September 1965 / G30S PKI.

Sementara itu Tunjung (75), salah seorang saksi sejarah yang ikut mendampingi Bupati beserta rombongan menceritakan, ada bangunan dilingkungan Lapas Pemuda Plantungan yang merupakan tahanan politik perempuan anggota PKI dan organisasi afiliasinya serta para perempuan sebagai tertuduh terlibat G30S.

“Ada bangunan tahanan di sini, dulu digunakan untuk tahanan perempuan, pokoknya saya lihat ada ibu-ibu ditahan disini, iya Gerwani. Sekarang bangunannya juga masih ada,”terangnya. (Win).