Peringatan Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021, Lapas Terbuka Kendal Umumkan Pemenang Lomba Jurnalistik

BOSTHOMSON, KENDAL – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka Kelas IIB Kendal menggelar Anugrah Karya Jurnalistik dalam rangka Peringatan Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021, di Ruang Serbaguna Lapas Terbuka Kendal, Sabtu (30/10/2021).

Hadir pada acara tersebut Kepala Lapas Terbuka Kendal, Rusdedy, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, Ketua PWI Kendal, Agus Umar, Kelompok Tani Desa Wonosari, Petugas Lapas, Warga Binaan serta Awak Media.

Rusdedy saat memberikan sambutan mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka Peringatan Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021 dengan tujuan mengajak para jurnalis di Kabupaten Kendal untuk ikut berperan serta dalam kegiatan tersebut dengan mengirimkan karya jurnalistiknya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para jurnalis yang sudah mengirimkan karyanya. Keberadaan jurnalis ini tidak bisa kita pungkiri, perannya sangat besar untuk membantu memberikan informasi berbagai kegiatan yang dilakukan instansi kepada masyarakat,” ujar Rusdedy.

Kalapas menjelaskan pada Lomba tersebut dewan juri terdiri dari, Kakanwil Kemenkum HAM Jawa Tengah, Kalapas Terbuka Kelas IIB Kendal, Tokoh Masyarkat/Akademisi, Pengurus PWI Jawa Tengah dan Wartawan Kendal.

Kalapas dan Wabup saat penyerahan hadiah Lomba Karya Jurnalistik
Kalapas dan Wabup saat penyerahan hadiah Lomba Karya Jurnalistik, Sabtu (30/10/2021).

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki mengucapkan selamat Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021. Menurutnya, dengan hari jadi Kemenkum HAM ini, sebagai momentum pengabdian kepada Bangsa dan Negara.

“Makna yang paling penting bagaimana bekerja dengan tulus, tanpa pamrih, dedikasi, semangat bekerja, dan berkarya untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” kata Wabup.

Pakde Bas sapaan akrab Wabup juga memberikan pesan kepada para jurnalis yang mengikuti lomba untuk selalu berkarya dan memberikan informasi yang baik kepada masyarakat.

“Semoga wartawan yang menang bisa memberikan informasi yang baik kepada masyarakat dan bisa turut serta berperan dalam membangun Kabupaten Kendal,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Kendal, Agus Umar mengaku bangga adanya kegiatan Anugrah Karya Jurnalistik karena ini merupakan pertama kalinya Lapas Terbuka menggandeng para insan media di Kabupaten Kendal.

“Jujur selama kami bertugas di Kendal, baru Lapas Terbuka Kendal ini pertama kali mengajak awak media untuk membuat even atau kegiatan. Biasanya kalau Lapas itu identik tertutup, Kami ucapkan terimakasih karena Lapas terbuka IIB Kendal yang selalu menggandeng awak media dalam segala kegiatannya,” tutur Agus Umar.

Para pemenang lomba karya jurnalistik, Budi Setiyawan dari Radar Semarang sebagai juara pertama, kemudian juara kedua Anik Kustiani dari Radio Thomson Network dan Zamroni dari media online Times Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Wabup bersama Kalapas Terbuka Kendal menyerahkan penghargaan Satya Lencana sebagai tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada 10 petugas Lapas yang telah melaksanakan tugasnya dengan menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, serta telah bekerja terus-menerus dalam jangka waktu tertentu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman bibit jagung oleh Wakil Bupati Kendal bersama Kepala Lapas Terbuka. (Win)