Pengurus Dekranasda periode 2021 – 2024, Jumat (11/6/2021)

Pengurus Dekranasda Kendal Periode 2021 – 2024, Diharapkan Bisa Mendorong UMKM Di Kendal

BOSTHOMSON – Usai dikukuhkan sebagai Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kendal, diharapkan bisa mendorong potensi dari hasil UMKM yang ada di Kendal.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Dekranasda Kendal Wynne Frederica saat acara pengukuhan Pengurus Dekranasda periode 2021 – 2024 di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Jumat (11/6/2021).
Chacha berharap adanya pengurus yang baru dikukuhkan bisa mendorong kemajuan terutama UMKM yang ada di Kendal.

“Saya berharap kedepan UMKM kita bisa memiliki kemajuan yang nyata, saat ini beberapa UMKM juga sudah mulai memperbaiki kemasan dan ada juga yang sedang melakukan pelatihan untuk segera di Ekspor luar negeri,” ujar Ketua Dekranasda Kendal

Selain itu chacha juga mengatakan meskipun tahun ini Kabupaten Kendal tidak terpilih dalam kegiatan Dekranasda tahunan, namun pihaknya akan berusaha untuk menggaungkan Dekranasda Kendal pada tahun depan.

Sementara Bupati Kendal Dico M. Ganinduto mengatakan setidaknya terdapat 50 UMKM yang terbilang cukup besardi Kendal yang saat ini sedang melakukan pelatihan, agar produk dapat diekspor.

Sehingga Bupati berharap dengan adanya pengukuhan pengurus baru Dekranasda selain membantu perkembangan UMKM Kendal, juga bisa mencapai target utama yakni pasar luar negeri.

“Perhatian pemerintah terhadap UMKM sangatlah tinggi, maka dari itu saya mengharapkan jika Dekranasda Kendal ini bisa memperhatikan hasil dari UMKM kita, dengan mampu menjadi pendamping yang baik,” jelas Dico M. Ganinduto

Bupati juga meminta agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan adanya Mal Pelayanan Publik (MPP), hal ini menyangkut adanya kerjasama pemerintah dengan pihak Digital Platform seperti Gojek, Grab dan Tokopedia yang dapat ikut memasarkan hasil UMKM maupaun kerajinan dari masyarakat.

“Di MPP yang saat ini sudah kita sediakan mungkin bisa menjadi awal dari para pelaku usaha untuk membuat produknya bisa dijual melalui online, maka dari itu Dekranasda yang merupakan mitra pemerintah nantinya bisa membimbing pelaku UMKM Kendal,” ungkap Dico.(Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *