Pendapatan Meningkat, PIK berikan Bantuan CSR Kepada Warga

BOSTHOMSON, KENDAL – Pendapatan Obyek Wisata Pantai Indah Kemangi (PIK) yang dikelola oleh BUMDes Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal terus mengalami peningkatan. Sehingga bisa digunakan untuk pengembangan desa maupun kemakmuran warganya.

Kepala Desa Jungsemi, Dasuki saat ditemui tim bosthomsonkendal.com, Minggu (9/1/2022), mengatakan selain digunakan untuk perbaikan insfrastruktur, pendapatan PIK juga disalurkan untuk murid-murid pendidikan non formal di wilayahnya.

“Kita telah membagi CSR dari pengelola Pantai Indah Kemangi kepada murid-murid di TPQ maupun madrasah yang ada di Desa Jungsemi, yang telah kami laksanakan pada Rabu (5/1/2022),” kata Dasuki.

Dasuki mengungkapkan bantuan CSR tersebut disalurkan kepada 711 murid pendidikan non formal, masing-masing murid menerima Rp 25 ribu perbulan selama satu tahun.

“CSRnya dibagikan per murid Rp 25 ribu perbulan dalam satu tahun. Kemarin kita kucurkan untuk enam bulan jumlahnya Rp 115 juta. Alhamdulillah pariwisata Desa Jungsemi ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat,” ungkapnya.

Penyaluran bantuan CSR dari PIK kepada Warga Desa Jungsemi Kangkung
Penyaluran bantuan CSR dari PIK kepada Warga Desa Jungsemi Kangkung

Sementara Camat Kangkung melalui Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Nita Noviyanti mengatakan Pantai Indah Kemangi yang dibina Kepala Desa dan dikelola bersama BUMDes, Pokdarwis, dan Karang Taruna selama satu tahun ini telah menjadi salah satu obyek wisata di Kabupaten Kendal yang mempunya daya tarik dan terus berkembang sehingga bisa memberikan manfaat kepada warga sekitar.

“Kami mengapresiasi kepada pengelola pantai yang telah menyalurkan CSR kepada masyarakat, sehingga warga juga ikut memiliki dan menerima manfaat dari hasil pendapatan pantai selain dikelola untuk pengembangan sarpras.,” kata Nita.

Menurutnya, seluruh warga Desa Jungsemi mempunyai semangat turut memiliki dan gotong royong dalam pengembangan obyek wisata PIK.

“Ini terbukati dengan sikap ramah dan santun warga selama ini, misalnya dengan menunjukkan arah ke lokasi dan turut mengatur keluar masuk kendaraan terutama bagi pengunjung dari luar wilayah,” ujarnya.

Nita berharap adanya program CSR yang diberikan dapat membantu mensejahterakan masyarakat dan mewujudkan Desa Jungsemi semakin mandiri.(Win).