Pemuda Asal Kangkung Diamankan BNNK Kendal Saat Terima Paket Berisi Tembakau Gorilla

BOSTHOMSON, KENDAL – Seorang Pemuda berinisial UA (22) warga Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, berhasil diamankan jajaran Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kendal saat menerima paket yang berisi narkotika jenis tembakau gorilla yang dipesannya melalui sosial media pada pertengahan Juni 2021.

Anna Setiyawati Kepala BNNK Kabupaten Kendal saat press release di Kantor BNNK Kendal, Rabu (14/7/2021) menuturkan sebelum penangkapan terhadap tersangka, pihak BNNK mendapatkan informasi dari masyarakat tentang adanya peredaran narkotika jenis sintetis/gorilla di wilayah Kangkung. Selanjutnya dilakukan penyelidikan untuk mematangkan informasi tersebut.

“Setelah kami lakukan penyelidikan dan data-datanya dirasa cukup, maka lakukan penangkapannya dan pas setelah pengiriman paket dilakukan penangkapan dirumah tersangka,”terangnya.

Dari penangkapan terhadap tersangka di temukan bukti berupa paket yang berisi tembakau gorilla seberat 11.92 gram yang dikirim dari Tangerang.

“Dia membeli secara online dari media sosial untuk digunakan sendiri karena stress kuliah tidak selesai-selesai, selain itu juga diedarkan di kalangan teman sebaya yang ingin membelinya dibandrol Rp 20.000 – Rp 25.000,” ujarnya.

Anna menambahkan barang tersebut dijual terutama kepada teman nongkrongnya yang biasa mencampurkan tembakau gorila dengan tembakau biasa untuk merokok.

“Dijual ke temen sebaya seharga Rp 20-25 ribu, tidak ditimbang. Penggunaannya dicampur dengan tembakau biasa,” jelasnya.

Atas perbuatannya, tersangka UA dijerat Primer Pasal 114 Ayat (1) Subsidar Pasal 112 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Makin maraknya penyalahgunaan narkotika jenis tembakau gorila ini, Anna berpesan kepada masyarakat agar bisa menyikapi dengan kewaspadaan. Karena, penyalahgunaan narkotika saat ini tidak hanya terjadi di lingkungan perkotaan saja, namun juga sudah marak di lingkungan pedesaan.

Kepala BNNK Kendal berharap, peran serta orangtua dalam memperkuat ketahanan keluarga, sehingga terjadi hubungan komunikasi yang baik antar orangtua dengan anak-anaknya. Dengan itu, orangtua bisa melakukan pengawasan atas pergaulan anak agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang negatif.(Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *