Pemkab Kendal Tetapkan Trayu Singorojo Sebagai Desa Wisata

KENDAL – Beragam potensi pariwisata mulai dikembangkan di Kabupaten Kendal, salah satunya di Desa Trayu di Kecamatan Singorojo, yang mengembangkan Desa Wisata Trayu, Jumat (29/10/2021).

Hadir untuk meresmikan Desa Wisata Trayu, Plt Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi dan Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Kabupaten Kendal.

Plt Kadisporapar Kendal beserta Forkopimcam Singorojo, Kades Trayu dan Camat Boja
Plt Kadisporapar Kendal beserta Forkopimcam Singorojo, Kades Trayu dan Camat Boja

Hadir juga, Plt Camat Singorojo, Turyono, Camat Boja, Sucipto, Kepala Desa Trayu, Zaenudi, Kefua BPD Desa Trayu, Paguyuban Kades se Kecamatan Singorojo, Ketua UMKM, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Desa Trayu, Ketua Pokdarwis, Ketua BUMDes dan Ketua Karangtaruna Desa Trayu, serta undangan lainnya.

Kepala Desa Trayu, Zaenudi mengatakan, sektor pariwisata ini sengaja dikembangan dengan menggunakan anggaran Dana Desa, yang menempati lahan seluas 1 hektare.

“Kami menganggarkan dari Dana Desa Tahun Anggaran 2021, sebesar Rp 137.554.434 untuk pembangunan Desa Wisata Trayu ini,” ungkapnya.

Zaenudi mengaku, tujuan dibangunnya desa wisata ini dalam rangka memajukan UMKM Desa Trayu, sehingga nantinya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selaku kepala desa dirinya meminta agar desa wisata ini bisa dipelihara dan dirawat bersama-sama. Selain itu kebersihan dan keindahannya juga harus dijaga.

“Pengembangan desa wisata harus menjadi tanggung jawab kita bersama. Yakni dengan Sapta Pesona, diantaranya, keaaman, ketertiban, kebersihannya, kesejukan, keindahannya, keramahan, dan Kenangannya,” imbuh Zaenudi.

Senada disampaikan Plt Camat Singorojo, Turyono, menurutnya kebersihan dan keindahan dari desa wisata harus dijaga bersama-sama.

Selain itu, fasilitas-fasilitas yang ada juga harus dipenuhi. Agar para pengunjung nantinya bisa merasa betah dan nyaman berada di lokasi desa wisata.

“Disini saya lihat beberapa fasilitas  belum lengkap. Jadi harus dilengkapi. Terutama toilet, spot foto dan fasilitas lainnya;” ujar Camat

Sementara itu, Plt Kepala Disporapar Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi dalam sambutannya mengatakan, pembentukan Desa Wisata ini sebagai wujud dari visi misi Pemerintah Kabupaten Kendal untuk mewujudkan Kendal Handal.

“Salah satunya adalah mengembangkan Desa Wisata khususnya di wilayah Siboli (Singorojo, Boja dan Limbangan). Karena menurut bapak bupati, beberapa desa di wilayah Siboli sangat cocok untuk pengembangan desa wisata. Bahkan Kemarin sudah ada beberapa desa wisata yang diresmikan oleh bapak Bupati,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Wahyu juga menyampaikan, pembangunan Desa Wisata Trayu jangan hanya seremoni saja, tapi harus ada kekompakan dari seluruh lapisan masyarakat, baik pemdes, pokdarwis, BUMDes dan elemen masyarakat untuk mengembangkan desa wisata ini.

“Ini bukan main lho pak Kades. Predikat Desa Wisata ini harus ada keputusan dari bapak Bupati. Jadi manfaatkan sebaik mungkin, kembangkan dan majukan desa wisata, sehingga bisa bermantaat bagi masyarakat Desa Trayu,” pungkas Plt Kadisporapar Kabupaten Kendal.

Lokasi Desa Wisata Trayu berada di Desa Trayu Kecamatan Singorojo, atau 500 meter dari jalan raya Kaliwungu – Boja belok kanan.

Acara diisi dengan hiburan Seni Tari, peragaan busana dari daur ulang barang bekas, seni silat dan seni kuda lumping “Gagak Rimang”.

Camat Boja, Sucipto yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Singorojo, mengaku bangga dengan pengembangan Desa Wisata Trayu ini.

Dirinya berharap agar desa wisata ini bisa memajukan UMKM setempat dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Ya saya dulu camat di Singorojo sebelum saya menjabat di Boja. Semoga desa wisata ini bisa maju dan berkembang, serta bermanfaat bagi masyarakatnya,” pungkas Sucipto. (Hans).