Bupati didampingi istri melakukan Penanaman Mangrove di Pantai Karang Asri, Minggu (6/06/2021).

Pemkab Kendal Gelar Aksi Bersih Pantai dan Penanaman Mangrove

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Kendal bersama para komunitas peduli lingkungan dan pengiat lingkungan hidup, serta tokoh masyarakat setempat menggelar Aksi Bersih Pantai dan Penanaman Mangrove, di Pantai Karang Asri Desa Karangmalang Kecamatan Kangkung, Minggu (6/06/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global dalam mengambil tindakan positif kepada lingkungan.

Bupati Kendal, Dico Ganinduto yang hadir didampingi istrinya yang sekaligus Ketua TP PKK Kendal, Wynne Frederica menyampaikan terima kasih kepada Para Komunitas Peduli Lingkungan, Penggiat Lingkungan, serta para relawan, masyarakat dan semua pihak, atas apresiasi, niat baik, prakarsa, kepedulian dan peran sertanya untuk melakukan konservasi dan mendukung program penghijauan melalui pemulihan ekosistem mangrove, dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup di kabupaten Kendal.

“Pelestarian lingkungan juga menjadi bagian dari visi Saya yaitu Handal dengan misinya menjadikan Kendal sebagai pusat Industri dan pariwisata Jawa Tengah yang mandiri, berprestasi, berdaya saing, dan berketahanan lingkungan,” katanya.

Bupati mengatakan yang terpenting adalah menjaga dan merawat pohon yang sudah ditanam, agar kedepannya bisa memberikan manfaat untuk lingkungan hidup dan untuk masyarakat sekitar.

“Saya berharap yang terpenting adalah menjaga dan merawat pohon yang sudah kita tanam, karena kita harus memastikan bahwa apa yang sudah kita ikhtiarkan bersama ini benar-benar dijaga dengan baik, dan harapannya nanti ke depan bisa memberikan manfaat yang banyak, khususnya untuk lingkungan hidup dan untuk masyarakat sekitar,” ujar Bupati Dico.

Sementara itu Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Semarang Raden Gatot Perdana yang turut hadir dalam acara tersebut berharap bisa bersinergi dengan Pemkab Kendal, karena pada saat ini BKIPM juga melaksanakan bulan mutu karantina dengan salah satu programnya adalah peduli lingkungan.

“Kita sangat peduli ketika laut itu bebas dari pencemaran, sehingga ikannya pun juga akan sehat dan mutunya juga akan baik. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Kendal, karena kegiatan ini sesuai dengan apa yang kita harapkan,” tambah Raden Gatot.

Raden Gatot menambahkan di Jawa Tengah khususnya di Kendal dapat dipastikan bahwa produk perikanan ini memiliki potensi yang sangat besar, meskipun pada kondisi pandemic, namun untuk produk perikanan usahanya masih sangat baik, karena ekspornya meningkat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kendal juga meluncurkan rute jalur sepeda sebagai dukungan pengembangan Sport Tourism. Diantaranya terdapat 3 rute jalur sepeda di Kabupaten Kendal dengan Area start pada rute pertama berada di Lembah Nirwana dan berakhir di Desa Wisata Kedungboto, pada rute kedua area start berada di DTW Curugsewu Patean dan berakhir di Omahe Opa, dan rute ketiga area start berada di Taman Klorofil dan berakhir di Pantai Sendang Sikucing ataupun sebaliknya.(Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *