Pemdes Pucangrejo Serahkan Penghargaan dan Beasiswa di Malam Tasyakuran HUT RI

BOSTHOMSON, KENDAL – Malam peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76, Pemerintah Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh menggelar Malam Tasyakuran atau “Barikan” di Balai Desa Pucangrejo, Senin malam (16/8/2021).

Kegiatan yang dibatasi dan dengan penerapan protokol kesehatan tersebut, diisi dengan berdoa bersama dan dilanjutkan dengan penyerahan beasiswa juga penghargaan kepada warga atas jasa-jasanya.

Kepala Desa Pucangrejo, Agus Riyanto dalam sambutannya mengajak mengajak warganya untuk terus mengingat jasa para pahlawan.

“Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya,” kata Agus.

Menurutnya, para pahalawan rela mengorbankan hidupnya demi menjaga dan mempertahankan Negara Indonesia.

“Menghargai jasa pahlawan tidak hanya mengenang dalam hati dan berterima kasih, melainkan juga dengan meneladani sikap dan perbuatan mereka,” tuturnya.

Agus menyebut, dirinya selalu mengingat pesan sang Proklamator, Ir Soekarno, bahwa perjuangan sekarang akan lebih berat, dibanding perjuangan dulu.

“Bung Karno berpesan, perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri,” kata Agus menutup sambutan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan beasiswa kepada para siswa SD/MI dan SMP/MTs yang berprestasi. Baik prestasi di bidang akademik maupun non akademik.

“Semoga prestasi yang diraih bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi di tahun yang akan datang. Dan semoga menjadi anak yang shaleh dan shalehah,” ujar Agus sambil menyerahkan beasiswa.

Selain beasiswa, Pemdes juga menyerahkan penghargaan kepada perangkat dan aparat desa yang meninggal dunia.

“Penghargaan diberikan kepada Kadus satu yang meninggal dunia, kemudian Ketua BPD Pucangrejo yang meninggal dunia dan kepada Ketua RT yang meninggal dunia. Atas jasa beliau-beliau yang ikut membangun Desa Pucangrejo,” jelas Agus.

Sementara itu, Khoeriyah istri dari Rosyid, Ketua BPD, yang meninggal dunia mengucapkan terima kasih kepada pihak pemdes atas penghargaan yang diberikan kepada suaminya.

“Matur nuwun pak Kades, atas penghargaan yang diberikan kepada almarhum suami saya,” ucapnya singkat.

Ucapan terima kasih juga diungkapkan salah seorang siswa SD yang mendapatkan beasiswa.

“Terima kasih bapak kades. Kami merasa sangat dibantu dengan adanya dana beasiswa ini,” ungkap Amira, siswa Kelas V sekolah dasar di Desa Pucangrejo.(Hans).