Pembangunan 170 Rumah Bersubsidi Di Penyakringan Weleri Selesai Tahun Ini.

BOSTHOMSON,KENDAL – Masyarakat Desa Penyangkringan Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal kini bisa tersenyum bahagia, pasalnya Pemerintah Kabupaten Kendal telah membantu realisasi pembangunan rumah subsidi pemerintah yang diperuntukkan bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah.

Peletakan batu pertama pembangunan rumah subsidi pemerintah di Dukuh Kendayaan Desa Penyangkringan Kecamatan Weleri langsung dilakukan oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Sabtu (28/8/2021).

Bupati Kendal mengungkapkan pembangunan rumah bersubsidi tersebut sangat unik karena dibangun diatas tanah swadaya masyarakat dengan total lahan sebesar 1,8 hektare.

“Tadinya ada sedikit kendala pada pembangunan terkait lahan. Setelah saya bertemu Bapak Sofyan Jalil, Menteri ATR/BPN,  Alhamdulillah dengan komunikasi yang baik kita dapat solusi, dan hari ini bisa dilakukan ground breaking,” ungkapnya.

Dico menjelaskan ada sebanyak 170 rumah yang dibangun dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 13 miliar sudah termasuk infrastruktur dan air bersih.

“Tentunya ini sangat membantu masyarakat disekitar sini, rata-rata yang mendapatkan rumah subsidi ini adalah yang belum punya rumah, masih ngontrak, ada yang satu rumah lima KK,” jelas Dico.

Sementara Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kendal, Sugiono saat mendampingi Bupati menyampaikan target pembangunan rumah subsidi pemerintah ini akan selesai dibangun pada tahun 2021 ini.

“Total lahan 1,8 hektare untuk 170 rumah, masing-masing tanah 60 meter, bangunannya type 36 dan akhir tahun ini ditargetkan sudah selesai semua,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Penyangkringan, Idris (49) mengaku senang mendapatkan bantuan rumah subsidi karena dirinya sudah lama belum memiliki rumah.

“Rumah ini sudah saya idam-idamkan selama puluhan tahun, terima kasih kepada Bapak Bupati dan semua yang sudah terlibat dalam pembangunan rumah untuk kami disini, rumah ini sangat bermanfaat untuk kami,” tuturnya. (Win).