Pemakaman Serka Anumerta Ari Baskoro Langsung Dipimpin KSAD Dudung Abdurachman

BOSTHOMSON, KENDAL – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman menghadiri secara langsung upacara Pemakaman Serka Anumerta Ari Baskoro yang gugur setelah diserang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di papua, Senin (22/11/2021).

Rangkaian acara pemakaman diawali dengan Upacara Persemayaman dan Penyerahan Jenazah dari keluarga kepada TNI di rumah duka untuk selanjutnya dimakamkan secara militer di pemakaman keluarga Desa Pidodo Kulon Kecamatan Patebon.

Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto yang menjadi Inspektur Upacara Persemayaman Jenazah dalam sambutannya menyampaikan bela sungkawa atas gugurnya Serka Anumerta Ari Baskoro.

“Selanjutnya atas nama pemerintah kami memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas jasa dan pengabdian beliau hingga titik darah penghabisan.
Kepergian almarhum tentunya membawa duka yang mendalam namun tentunya kita harus ikhlaskan, semoga arwah beliau diterima disisi Allah SWT,” kata Mayjen TNI Rudianto.

Upacara Persemayaman dan penyerahan Jenazah Serka Anumerta Ari Wibowo di rumah duka
Upacara Persemayaman dan penyerahan Jenazah Serka Anumerta Ari Wibowo di rumah duka

Acara dilanjutkan dengan Pemakaman Jenazah yang dipimpin oleh KSAD TNI Dudung Abdurachman dengan prosesi secara militer.

KSAD TNI Dudung Abdurachman usai Upacara Pemakaman menyampaikan duka cita kepada keluarga almarhum Serka Anumerta Ari Baskoro. Dudung menjelaskan upacara militer merupakan bentuk penghargaan kepada almarhum yang gugur saat menjalankan tugas.

“Almarhum adalah putra terbaik bangsa dari batalyon 113 yang gugur saat menjalankan tugas Yahukimo, Papua. Saya sebagai pimpinan Angkatan Darat turut berduka cita yang sedalam-dalamnya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan tali asih kepada keluarga almarhum Serka Anumerta Ari Baskoro.

Serka Anumerta Ari Baskoro merupakan prajurit TNI AD dari Satuan BKO Aparat Teritorial (Apter) Koramil Suru-suru, Kabupaten Yahukimo, Papua yang gugur di serang oleh KKB di Papua.(Win).