Pasar Srogo Brangsong Dilalap Api, Pedagang Mengaku Rugi Ratusan Juta

KENDAL – Kebakaran pasar kembali terjadi di Kabupaten Kendal. Kali ini kebakaran terjadi di Pasar Srogo yang berada di Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong.

Sejumlah kios dan lapak pedagang hangus dilalap si jago merah, hari ini, Senin (5/4/2021) sekira pukul 12.30 WIB.

Menurut penuturan salah seorang pedagang yang dua kiosnya ikut ludes terbakar, Ahmad Ikhsan, kebakaran yang terjadi akibat hubungan arus pendek listrik di warung bakso yang berada disisi barat pasar.

“Api berasal kami duga dari warung bakso. Karena Warung itu memproduksi es batu dan kulkasnya mengalami konsleting,” terangnya.

Diungkapkan, api yang cepat membesar membuatnya tak sanggup menyelamatkan barang dagangannya yang berada di dua kios miliknya.

“Apinya dengan cepat membesar dan terus merembet mengenai sejumlah toko di pasar ini,” ungkap Ikhsan.

Dirinya juga mengaku sangat menyayangkan, hidran yang ada tepat disamping tokonya tak berfungsi saat terjadi musibah kebakaran.

Hal senada juga diungkapkan Sugiono yang lapak buah dan kios sembako miliknya habis terbakar.

“Kebakaran terjadi dengan cepat, saya tidak sempat menyelamatkan sejumlah barang dagangan. Hanya tiga karung kedelai saja yang berhasil saya amankan dari dalam kios. Yang lain tidak terselamatkan,” ungkapnya.

Tak hanya lapak dan kios Ikhsan dan Sugiyono saja yang terbakar, namun sejumlah lapak dan kios lain juga ikut terbakar. Kedua pedagang ini mengaku rugi hingga ratusan juta rupiah akibat musibah kebakaran ini.

Sementara itu, petugas dari Damkar Kendal dan BPBD Kendal hingga saat ini masih berjibaku melawan api. Sejumlah mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk menjinakan kobaran api. (Hans).