Pantai Indah Kemangi Diresmikan, Wabup Kendal Berharap Jadi Destinasi Wisata Internasional

BOSTHOMSON,KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) meresmikan Taman Sidodadi di Pantai Indah Kemangi, Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung, Minggu (14/11/2021).

Peresmian dilakukan dengan mengadakan kegiatan Fun Bike yang diselenggarakan oleh Disporapar bekerja sama dengan Universitas PGRI Semarang (Upgris).

Fun Bike diikuiti oleh Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, Plt Disporapar Kendal Achmad Ircham, Rektor Upgris, Muhdi beserta jajaran Wakil Rektor Upgris, Camat Kangkung Ardhi Prasetyo beserta jajaran Forkopimcam Kangkung, serta Kepala Desa Jungsemi, Dasuki dan elemen masyarakat.

Rombongan starr dari Lapangan Karangayu Kecamatan Cepiring
Rombongan starr dari Lapangan Karangayu Kecamatan Cepiring

Wakil Bupati Kendal beserta rombongan start dari lapangan Karangayu Cepiring dengan dilepas oleh Plt Disporapar Achmad Ircham dan finish di tempat peresmian Taman Sidodadi Pantai Indah Kemangi.

Rombongan sepeda melintasi jalur menuju Pantai Indah Kemangi, PIK sendiri merupakan Destinasi Wista dari Pemerintah Kendal untuk mampu menjadi kawasan wisata bertema Sport Tourism.

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, mengapresiasi dengan diresmikannya taman Sidodadi. Dirinya berharap, dengan diresmikannya Taman Sidodadi, mampu menarik wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan Pantai Indah Kemangi.

“Semoga dengan dibukanya Taman Sidodadi di Pantai Indah Kemangi bisa menjadikan dunia Pariwisata Kabupaten Kendal lebih maju. Nama Taman Sidodadi ini dipilih, karena ada kerjasama dengan UPGRIS yang kebetulan kampusnya terletak di jalan Sidodadi Semarang,” terang Wabup yang akrab disapa Pakde Bas tersebut.

Rektor Upgris Muhdi dan Wabup Kendal Windu Suko Basuki, saat menandatangani prasasti Taman Sidodadi di PIK Desa Jungsemi, Kangkung
Rektor Upgris Muhdi dan Wabup Kendal Windu Suko Basuki, saat menandatangani prasasti Taman Sidodadi di PIK Desa Jungsemi, Kangkung

Senada disampaikan, Rektor Upgris, Muhdi mengatakan, pengembangan desa mitra Universitas PGRI Semarang, bertujuan untuk meningkatkan potensi Pantai Indah Kemangi dan sekitarnya. Jenis pengembangan wisata diantaranya edupark, religi, serta outbound.

“Harapannya Pantai Indah Kemangi bisa terus menunjukkan pesona-pesona keindahan alam, budaya, dan pendidikan berwisata. Kendal akan memiliki potensi selalain pegunungan juga pantai yang indah dan layak menjadi destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah bahkan nasional,” kata Muhdi.

Sementara itu, Kepala Desa Jungsemi, Dasuki mengucapkan terima kasih atas dibukanya Taman Sidodadi, berkat kerjasama Disporapar dan Upgris.

Menurutnya dengan kerjasama Upgris  dan Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Disporapar ini, memang betul-betul memberikan banyak manfaat yang sangat luar biasa pada pariwisata di Desa Jungsemi.

“Kerjasama yang nyata telah dirasakan oleh masyarakat Jungsemi dan sekitarnya. Harapan ke depan Upgris dan Pemerintah Desa Jungsemi bisa terus bekerjasama untuk meningkatkan potensi wisata di PIK ini,” ungkap Dasuki. (Win).