Om Alie Group Resmi Punyai Usaha Laundry

BOSTHOMSON, KENDAL – Melihat peluang bisnis laundry yang menjanjikan, mendorong Om Alie Group Kendal mencoba membuka usaha laundry yang berlabel “Nyuciin Kendal Laundry”, di Lingkar Timur Pasar Kendal, Rabu (15/12/2021).

Acara grand opening ini dikemas dengan pemberian santunan kepada anak yatim, sekaligus mendengarkan motivasi bisnis bersama kang Asep selaku motivator dan trainer dan juga entrepreneur dari Kendal.

Owner dari Om Alie Group Kendal yang selama ini menggeluti bisnis kuliner kaki lima di daerah Kota Kendal, Lilik Gianto Alie ingin menjajal usaha laundry kiloan, agar cepat berkembang di tengah persaingan.

“Bisnis laundry kiloan sangat menjanjikan. Karena jangkauan untuk pasar laundry sangat luas dan universal. Terurama bagi masyarakat yang disibukkan dengan aktivitas pekerjaan dan juga para pelajar yang mengontrak atau ngekost, tentu sangat membutuhkan laundry,” ungkap Alie yang kesehariaannya juga sebagai enterpreneur dan motivator di Kendal.

Dijelaskan, dalam memulai bisnis yang bekerjasama dengan rekannya Edi Sahputra ini, Alie sudah melakukan observasi dan survey beberapa tempat. Makanya ia memilih lingkar Pasar Kendal sebagai tempat usaha baru laundrynya.

Disebutkan oleh Alie, selain pakaian, usahnya juga melayani jasa mencuci sepatu dan juga karpet modern dengan tagline “mencuci tanpa tapi”.

Acara grand opening Nyuciin Laundry diisi dengan motivator dari Kang Asep
Acara grand opening Nyuciin Laundry diisi dengan motivator dari Kang Asep

“Ya disamping lokasi yang mudah dan tepat, saya juga mempertimbangkan masalah waktu, harga, dan pemasaran. Belum lagi untuk pengembangan nanti ada berbagai strategi yang akan saya lakukan,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Alie, pelanggan pasti akan memperhatikan pada kualitas jasa pelayanan yang diberikannya. Sehingga kepuasan pelanggan juga semakin meningkat.

“Harga yang terjangkau, kualitas pelayanan terbaik kita berikan, termasuk ketepatan waktu, mungkin itu bisa menarik masyarakat untuk menggunakan jasa kita. Apalagi jika kita ekstra hati-hati dalam merawat pakaian pelanggan. Ibaratkan saja kita seperti menjaga pakaian kita sendiri,” imbuh Alie.

Ia juga mengungkapkan beberapa strategi pengembangan usaha laundry ini nantinya, bisa terkait pemasaran juga peningkatan mutu dan variasi pelayanan.

Alie saat ini beberapa layanan yang ia berikan diantaranya, reguler, paket one day, express dan express kilat. Selain itu juga layanan antar-jemput gratis.

“Ya nanti saat sudah berjalan, kita pasti akan buatkan promo khusus kepada pelanggan baru maupun kepada pelanggan setia kita. Karena pelanggan juga mebutuhkan servis lain dari usaha kita,” ungkapnya.

Alie pun menyebut, ke depannya usaha ini nanti akan ia kembangkan menjadi ratusan outlet yang ada di berbagai wilayah di Kabupaten Kendal.

“Selain itu nantinya bukan hanya jasa layanan laundry saja yang kami lakukan. Namun juga menjual peralatan sekaligus pelatihan usaha laundry,” ujarnya.

Sebagai penutup Alie menyampaikan, ketika bisnis dimulai dan ditujukan berdasarkan semangat beribadah maka hasil yang didapatkan bukan hanya berwujud keuntungan materiil semata, melainkan juga keuntungan yang bisa dinikmati pada tingkatan kehidupan yang abadi, yakni di akhirat kelak.

“Jadi tujuan kami bukan hanya mencari keuntungan dan kepuasan pelanggan saja. Tapi lebih mengarah kepada hasil dari gagasan yang dibuat dari usaha ini. Sehingga dampaknya bisa bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (Win).