Objek Wisata Pantai Indah Kemangi Mulai Beroperasi, Ini Syarat Masuknya

BOSTHOMSON, KENDAL – Setelah selama dua bulan lebih beberapa objek wisata di Kabupaten Kendal tutup, kini sudah mulai beroperasi kembali namun harus sesuai dengan syarat dan ketentuan dari Pemerintah.

Pantai Indah Kemangi (PIK) yang terletak di Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, merupakan salah satu objek wisata yang beroperasi mulai Sabtu, (4/9/2021).

Kepala Desa Jungsemi, Dasuki saat ditemui awak media, Sabtu (4/9/2021), mengatakan, meski PIK telah dibuka namun pihaknya harus hati-hati dan mengacu kepada petunjuk teknis dari Dinas Kepemudan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal agar tidak memunculkan kasus baru Covid-19.

“Kita mengikuti juknis dari Dinas Pariwisata, masuk Pantai Indah Kemangi harus sudah vaksin minimal satu kali. Pengunjung juga harus mendaftar lewat online dulu,” kata Kades Jungsemi.

Dasuki juga menjelaskan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat kepada para pengunjung serta mematuhi ketentuan dengan membatasi jumlah pengunjung yakni 25% dari kapasitas yang tersedia.

“Jumlah pengunjung kami batasi maksimal 25 persen dari kapasitas yang tersedia. Kalau PIK ini kapasitasnya 5.000 pengunjung, jadi maksimal hanya 1.250 saja tapi sampai saat ini masih 10 persen saja pengunjung yang masuk,” terangnya.

Selain telah melakukan simulasi pembukaan obyek wisata PIK, Dasuki menyebut sebelumnya para pengurus PIK baik para pengurus BUMDes maupun karyawan tempat wisata, serta 58 pedagang yang ada di area PIK ini juga dipastikan sudah divaksin.

“Pihak Puskesmas Kangkung sudah memfasilitasi vaksinasi dengan datang langsung ke pantai jadi semua pengurus dan pedagang sudah tervaksin semua,” ungkap Dasuki.

Pengunjung harus melalui proses screening sebelum masuk Pantai Indah Kemangi
Pengunjung harus melalui proses screening sebelum masuk Pantai Indah Kemangi

Salah seorang pedagang di PIK, Deni Hidayanto (24), mengaku senang dirinya bisa berjualan kembali di pantai kemangi. Dirinya juga mengatakan telah divaksin sebagai syarat untuk kembali berjualan.

“Iya saya sudah divaksin, kebetulan kan pelaksanaan vaksinnya disini jadi bisa langsung ikut dan vaksinasi ini juga sebagai syarat untuk bisa berdagang di PIK,” ungkapnya.

Sementara itu salah seorang pengunjung asal Kaliwungu, Nona, yang datang bersama keluarganya menuturkan sebelum masuk ke PIK dirinya memesan tiket masuk melalui online dan sesampainya di objek wisata langsung registrasi dengan petugas di pintu masuk.

“Ya tadi sebelum masuk, saya hanya tinggal mencocokkan registrasi dan kemudian diberi tiket oleh petugas jaga. Memang syarat pembelian tiket online itu harus sudah vaksin dulu dan alhamdulillah sebelumnya saya dan keluarga juga sudah divaksin,” ujarnya.(Win).