Minta Pasar Weleri I Segera Dibangun, Forum Anak Pedagang Lakukan Orasi

BOSTHOMSON, KENDAL – Puluhan anak pedagang yang tergabung dalam Forum Pedagang dan anak pedagang melakukan orasi di sepanjang jalan depan Pasar Weleri I yang terbakar, Jumat (10/12/2021).

Ketua koordinator aksi, Arie Fredyanto mengatakan pada aksi ini, anak-anak pedagang korban kebakaran mengajukan delapan tuntutan namun yang paling penting adalah Pemerintah secepatnya membangun Pasar Weleri I yang terbakar pada tahun lalu.

“Kami Forum padagang dan keluarga korban kebakaran Pasar Weleri mengajukan delapan tuntutan, tapi poin yang paling penting adalah bagaimana secepatnya pemerintah membangun kembali pasar di lokasi ini. Selain itu kios atau los yang akan dibangunkan nanti kami minta dibagikan gratis kepada korban kebakaran,” ujarnya.

Selain itu Arie juga menuturkan terkait relokasi pasar yang berada di Terminal Bahurekso Desa Jenarsari Kecamatan Gemuh, dirinya meminta Pemerintah secepatnya menyelesaikan pembangunan dengan baik dan layak agar aman fitempati oleh para pedagang korban kebakaran.

“Kalau sekarang bagaimana mau pindah lokasi kalau belum ditempati sudah roboh dua kali. Kami amati tempatnya belum memenuhi syarat,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Paguyuban Pedagang Korban Kebakaran Pasar Weleri I Bangkit, Suwarno yang ikut bergabung melakukan orasi menyampaikan dirinya mendukung aksi tersebut. Menurutnya mereka merupakan bagian dari para pedagang korban kebakaran.

“Kita dukung aksi ini karena mereka bagian dari keluarga pedagang, yang penting mereka menyampaikan aspirasi dengan tertib dan tidak melanggar,” ujarnya.

Lebih lanjut Suwarno mengatakan terkait relokasi bagi para pedagang korban kebakaran dirinya meminta pemerintah untuk memastikan bangunan relokasi layak dan aman bagi para pedagang mengingat sebelumnya telah terjadi insiden dua kali roboh.

“Pada prinsipnya teman – teman pedagang itu siap pindah, yang penting adalah memastikan struktur bangunan kuat kemudian listrik termasuk fasilitas pendukung harus siap,”pungkasnya.(Win).