Meski Masih Pandemi Penjualan Hewan Kurban Meningkat

BOSTHOMSON, KENDAL – Meski sempat mengalami penurunan saat awal pandemi covid-19 tahun 2020, penjualan hewan kurban tahun ini mulai meningkat.

Seperti yang dialami penjual kambing di Desa Sidorejo Kecamatan Brangsong Kendal, Sajidin yang mengaku penjualan kambingnya tahun ini mengalami peningkatan.

Sajidin mengatakan pada tahun 2020 lalu hanya menjual kambing 50 ekor, namun tahun ini meskipun Hari Raya Idul Adha masih beberapa hari lagi dirinya sudah menjual lebih dari 50 ekor kambing.

“Alhamdulillah ditempat kami ada peningkatan, tahun kemarin kami hanya menjual sekitar 50 an ekor, sekarang sudah terjual lebih dari 50 ekor kambing jadi ada peningkatan,”kata Sajidin.

Meski Hari Raya Idul Adha masih ada beberapa hari lagi namun menurut Sajidin sudah banyak yang memesan kambing ditempatnya.

“Kalau harga juga naik antara 300 – 500 ribu per ekor disbandingkan tahun kemarin, harga kambing sendiri berkisar dari harga 3 juta hingga 5 juta,” terangnya.

Menurut Sajidin, penjualan hewan kurban tahun ini meningkat, karena calon jamaah haji yang batal berangkat tahun ini, kemungkinan melakukan kurban di kampung.

“Kalau menurut saya, para calon jamaah haji yang tidak jadi berangkat tahun ini melakukan kurban di kampung,” ujarnya.

Untuk menambah omzet penjualan kambingnya Sajidin juga melakukan penjualan dengan cara online melalui WA dan Facebook, serta menyediakan jasa potong bagi pembeli.(Win)