Menteri PANRB Tjahjo Kumolo didampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, meresmikan MPP Kabupaten Kendal, Rabu (02/06/2021)

Menpan RB Tjahjo Kumolo Resmikan Mal Pelayanan Publik Kendal

BOSTHOMSON – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo didampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, serta Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kendal, Rabu (02/06/2021) di di halaman Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kendal, Rabu (2/6/2021).

Menteri Tjahjo Kumolo mengapresiasi bahwa Kabupaten Kendal yang telah mempunyai MPP yang diharapkan bisa mempermudah masyarakat dalam menerima pelayanan yang cepat dan mudah.

Menurut Tjahjo kumolo MPP merupakan sebuah wujud nyata dari keseriusan Bupati dan Wabup untuk menjadikan Kendal sebuah pemerintah Kabupaten yang mampu bersaing di Jawa Tengah. Terlebih Kabupaten Kendal yang telah ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) zona Industri yang berorientasi ekspor dan supply chain, yang memiliki keunggulan lokasi geografis dalam mendukung berbagai transaksi perekonomian dan kemudahan berusaha.

“Kesempatan ini tidak boleh dilewatkan, melalui MPP diharapkan pembangunan KEK dapat berjalan dengan baik dengan penyederhanaan berbagai proses perizinan. Penetapan Kabupaten Kendal sebagai KEK dapat meningkatkan iklim investasi serta menciptakan lapangan kerja baru,”ujar Menpan RB.

Tjahjo Kumolo menuturkan, Bupati Kendal bisa menjadi role model bagi  generasi-generasi muda yang peduli terhadap pelayanan publik. Sudah selayaknya generasi muda menjadi penerus dan turun langsung menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat.

“MPP Kabupaten Kendal merupakan MPP yang ke-42 di Indonesia dan yang ke-8 di Provinsi Jawa Tengah. Terlebih dengan ditentukannya Kendal sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) kedepannya kehadiran MPP Kendal dapat semakin mempermudah perizinan dan  investasi yang akan berdampak langsung pada peningkatan ekonomi,” ujar Menteri Tjahjo Kumolo

Senada dengan Menpan RB, Gubernur Ganjar Pranowo memberikan apresiasi kepada Bupati yang telah dengan sigap merespon pemerintah pusat dan mewujudkan MPP guna mempermudah proses perijinan dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Kepada Pak Menteri kita mohon arahan setelah gedungnya sarananya sistemnya ada bagaimana eksekusinya agar semua petugas bisa pro aktif untuk menunjukan siap melayani kepada semua,” katanya.

Sementara itu Bupati Dico mengatakan tujuan dibangunnya MPP ini adalah untuk memberikan pelayanan publik lebih baik kepada masyarakat.

“Alhamdulillah kita bisa menyelesaikan MPP ini dalam program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Kendal. Harapannya MPP ini bisa dapat mendukung pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik,” kata Dico.

Lebih lanjut Dico menjelaskan saat ini MPP terdiri dari tiga lantai dan berdiri di atas tanah seluas 2.675 meter persegi. Bangunan tersebut semula merupakan kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang kemudian dikembangkan menjadi MPP.

“Hingga kini, jumlah instansi yang tergabung dalam MPP Kendal adalah sebanyak 23 instansi, yakni enam instansi pusat, 11 instansi daerah, dua Badan Usaha Milik Negara/Daerah, dan tiga instansi swasta,” ungkapnya.

Bupati juga menambahkan jenis layanan yang tersedia di MPP Kendal adalah 304 layanan, melibatkan Grab, GoJek, dan Tokopedia yang menjadi salah satu keunggulan MPP Kendal. Kerja sama tersebut dilakukan untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Kendal.

“Keunggulan lainya adalah adanya layanan cetak mandiri yang meliputi cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan layanan lainya dari DPMPTSP, seperti penerbitan surat izin industri rumah tangga, surat izin penelitan, dan penerbitan kartu pengawasan trayek,” jelas Dico.(Win)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *