Menggunakan APD lengkap Wakil Bupati Kendal Bantu Pemakaman Jenazah Warga Yang Terpapar Covid-19

BOSTHOMSON, KENDAL – Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki menghadiri pemakaman salah satu warga yang terpapar Covid-19 di Desa Sidomukti, Kecamatan Weleri, Jumat (6/8/2021).

Bahkan, tanpa rasa takut dan dengan menggunakan APD Lengkap
Wabup yang akrab disapa Pakde Bas ini ikut mengangkat peti jenazah warga yang terpapar Covid-19 tersebut.

Pakde Bas mengatakan, dirinya ikut berbela sungkawa dan merasa prihatin atas meninggalnya salah satu warganya, dirinya mengungkapkan akan terus mendatangi warganya yang kesusahan apalagi meninggal dunia.

“Saya turut prihatin dengan hal tersebut, apalagi saya. Karena saya bisa jadi seperti sekarang ini karena dukungan beliau-beliau, mengapa saat ada duka pada mereka saya tidak mendatangi dan berbelasungkawa,” ungkapnya sambil mata berkaca.

Wabup menghimbau kepada masyarakat untuk tidak takut dan panik dalam menghadapi Covid-19 ini. Apalagi hingga menjauhi atau mengucilkan warga yang terpapar Virus Covid-19.

“Kita semua percaya kalau Covid-19 itu ada tapi jangan panik berlebihan. Cukup dengan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, terutama memakai masker. Itu yang penting,” tandasnya.

Pakde menambahkan dibeberapa daerah, ada penolakan jenazah pasien positif Covid-19. Padahal pemakaman jenazah positif Covid-19 ataupun PDP tersebut belum keluar hasil swabnya.

“Namun harus melewati proses pemulasaran jenazah yang ketat sesuai dengan standard yang diatur dalam Protokol Penanganan Jenazah Pasien Covid-19 Badan Kesehatan Dunia (WHO),” kata Pakde Bas.

Sementara itu, menurut penuturan Ketua RW setempat, Age Kabul Romdhon kedatangan Wakil Bupati ini bisa memberikan semangat bagi warganya.

Dikatakan, warga yang meninggal adalah Sutarno, warga RT 2 RW 6, Kampungbaru, Desa Sidomukti, yang meninggalkan satu istri dan dua anak perempuan.

“Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran Pakde Bas di desa kami. Semoga bisa memberikan semangat kepada warga untuk mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya. (Hans).