Acara Lelang Bondo Deso di Balai Desa Caruban Kecamatan Ringinarum, Jumat malam (16/4/2021).

Lelang Bondo Deso, Pemdes Caruban Hasilkan Rp 112 Juta

KENDAL – Pemerintah Desa Caruban, Kecamatan Ringinarum mengadakan Lelang “Bondo Deso” yang dihadiri oleh Camat Ringinarum, Sobirin, Kepala Desa Caruban, Diyah Tin Agustinah, perangkat desa, anggota BPD, LKMD, Ketua RT/RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, beserta Bhabinkamtibmas dan Babinsa anggota, serta puluhan petani setempat di Balai Desa Caruban, Jumat malam (16/4/2021).

Acara lelang dipimpin oleh Sunandar Sekekertaris Desa (Sekdes) selaku Ketua panitia lelang, dan Bayan Wahidi sebagai juru lelang. Kegiatan Lelang ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan dalam rangka mendongkrak pendapatan asli desa.

Lelang “Bondo Deso” merupakan lelang tanah sawah milik desa Caruban yang akan dikerjakan kegunaannya oleh warga desa.

Kepala Desa Caruban, Diyah Tin Agustinah usai Acara lelang ,  mengatakan acara lelang bisa bejalan tertib dan lancar, hasil lelang yakni dari 24 plong yang dilelang Pemdes Caruban hanya satu yang tidak laku

“Alhamdulillah acara lelang dapat berjalan dengan tertib, lancar. Dari 24 plong yang kita lelang hanya satu yang tidak laku. Dan total hasil lelang yang didapat malam ini sebesar Rp 112 juta,” terangnya.

Diyah berharap semoga para pelelang yang kalah bisa legowo dan kepada pemenang lelang, agar bisa memanfaatkan sawah bondo deso sebaik- baiknya dan mendapatkan keuntungan yang lebih.

“Semoga para pelelang dapat menggunakan sebaik-baiknya tanah yang disewakan dengan pola tanam yang baik dan semoga para pelelang tetep mendapatkan keuntungan dari melelang tanah bondo deso ini,” ungkapnya.

“Tanah desa ini adalah milik kita bersama, jadi saya minta agar dipelihara dan ditanami, sehingga bermanfaat bagi para petani. Karena ini lahan produktif, jadi bisa ditanami Tembakau, Jagung, Padi atau Bawang Merah,” harap Diyah.

Sementara itu salah seorang pemenang lelang, Jumar, warga RT 04 RW 02 Dukuh Gintungsari, mengaku puas dengan hasil lelang kali ini karena terbuka dan transparan.

“Saya berhasil memenangkan dua plong lokasi lelang dengan harga Rp 6 juta dan Rp 4 juta. Insya Allah akan saya tanami dengan tembakau, Jagung, Padi atau Bawang Merah,” Ujar Jumar.

Pelaksanaan lelang berjalan dengan lancar dan tertib serta telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19.(Win)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *