Latih Motorik Peserta Didik, KB-TK Annida Tegorejo Gelar Lomba Kolase

BOSTHOMSON, KENDAL – Untuk melatih motorik anak dan sebagai sarana untuk mengetahui pemahaman anak didiknya, pada praktek akhir pembelajaran, Kelompok Belajar (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Annida Tegorejo Pegandon menggelar lomba Kolase, Rabu (05/1/20220) di SMA PGRI 2 Pegandon.

Kepala KB-TK Annida Istito’ah mengatakan lomba kolase diikuti oleh seluruh peserta didik KB dan TK Annida Tegorejo. Lomba kolase ini merupakan cara untuk mengembalikan motorik minat belajar siswa setelah sekian lama melakukan pembelajaran secara daring.

“Lomba untuk melatih  motorik ini sebagai penilaian pemahaman dalam praktek akhir anak yang selama ini pembelajaranya dilakukan secara daring sesuai dengan tema materi yang berikan,” katanya.

Istito’ah menjelaskan kolase merupakan salah satu teknik seni dengan menempelkan berbagai macam unsur ke dalam satu frame, sehingga menghasilkan karya seni baru yang disukai oleh anak-anak.

Kegiatan ini paling disukai anak-anak untuk mengenal warna, melatih kejelian mata dan motorik anak, tema lomba Kolase kali ini adalah binatang, tujuan kami adalah untuk memberikan motivasi sekaligus ujian bagi anak.” jelas Istito’ah.

Dijelaskan saat ini KB-TK Annida sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) seratus persen dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat.

“Sebelum pandemi, pada setiap akhir pembelajaran dengan menyesuaikan tema yang diusung dilakukan dalam bentuk lomba. Karena saat pandemi Covid-19 sehingga tidak bisa dilakukan. Dan saat ini akhirnya kami bisa menyelenggarakan lomba yang diikuti semua peserta didik KB dan TK ,”tuturnya.

Lomba kolase Kelompok Belajar (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Annida Tegorejo Pegandon, Rabu (05/1/20220)
Lomba kolase Kelompok Belajar (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Annida Tegorejo Pegandon, Rabu (05/1/20220)

Sementara itu Ketua Yasasan Annida, Maftukhin menambahkan meski dilombakan, pada kegiatan kolase semua siswa mendapatkan tropy.

“Semua anak pasti mendambakan tropy. sehingga di lomba ini kami buatkan tropy untuk semua peserta dan para juaranya,” imbuhnya.

Penilaian lomba Kolase akhir pembelajaran meliputi kemandirian, kreatifitas, ketelitian, kerapian dan kebersihan. (Win)