Kunjungi Santosa Stable, Menpora Beri Dukungan Sport Tourism Di Kendal

BOSTHOMSON, KENDAL – Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengapresiasi adanya sport tourism di Kabupaten Kendal.

Hal ini disampaikan oleh Menpora saat mengunjungi Santosa Stable di Dusun Lendoh, Desa Leban, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Senin (25/10/2021).

Selain sebagai tempat wisata, Santosa Stable merupakan tempat para atlet dari Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi) yang bertaraf nasional dan internasional berlatih.

Hadir dalam acara tersebut Anggota DPR RI Komisi X, Mujib Rohmat, Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki dan Dandim 0715/Kendal.

Zainudin Amali mengatakan kedatangannya tersebut untuk melihat potensi sport tourism di Kabupaten Kendal. Dirinya memberikan apresiasi kepada Pemkab Kendal yang terus melakukan pengembangan wisata olahraga yang dinilai masih kurang di Indonesia.

“Sport tourism di Indonesia itu masih sangat kurang, jadi insiatif dari Bupati Kendal untuk mengembangkan sport tourism sangat saya dukung. Kalau Kendal ini sudah ada tempat-tempat sport tourismnya, bukan hanya secara nasional tapi secara internasional sejauh apapun pasti akan dicari,” jelas Menpora.

Dalam kesempatan tersebut Menpora
menyaksikan langsung para atlet yang memperlihatkan keahliannya dalam berkuda di arena pacuan kuda Santosa Stable.

“Ini enak tempatnya dan untuk olahraga berkuda, ini kan dipertandingkan juga di internasional ya dan sebentar lagi di Asean Games, jadi kita akan dukung terus,” ujarnya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto yang mendampingi Menpora berkunjung dan menyaksikan atlet berkuda di Santosa Stable mengungkapkan dirinya bertekad untuk terus mendorong pariwisata terutama sport tourism di Kabupaten Kendal.

“Kita fokus terus untuk membangun pariwisata terutama sport tourism di Kabupaten Kendal. Saya memberikan apresiasi kepada para atlet berkuda yang berprestasi, dan terima kash kepada Pak Menteri yang sudah hadir berkunjung ke Kendal,” tutur Bupati.

Menpora bersama Bupati Kendal didampingi Ana Santosa Pemilik Santosa Stable saat menyaksikan Atlet Berkuda
Menpora bersama Bupati Kendal didampingi Ana Santosa Pemilik Santosa Stable saat menyaksikan Atlet Berkuda

Selain para atlet berkuda yang berprestasi, Chacha Frederica yang merupakan istri Bupati Kendal juga memperlihatkan keahliannya dalam berkuda dihadapan Menpora, Bupati Kendal dan tamu undangan.

Sementara itu pemilik Santosa Stable sekaligus Atlet berkuda, Ana santosa mengaku bangga dikunjungi oleh Menpora. Dirinya mengatakan akan terus mengembangkan pariwisata olahraga Santosa Stable sekaligus olahraga berkuda di Kabupaten Kendal.

“Kedatangan Pak Menteri ini bisa menambah semangat kita untuk terus berlatih olahraga berkuda dan mengembangkan periwisata berkuda disini,” ungkapnya.

Ana menjelaskan para atletnya telah banyak mengikuti beberapa kejuaraan tingkat nasional maupun internasional. Dan saat ini ada sekitar 15 atlet berkuda yang berlatih di Santosa Stable untuk mengikuti kejurnas.

“Atlet yang aktif untuk kejurnas ada lebih dari sepuluh dan atlet kami mewakili Kabupaten Kendal untuk bertanding di Kejurnas nanti,” kata Ana.(Win).