Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat meninjau Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu di Kawasan Industri Kendal (KIK), Kamis (29/4/2021).

Kunjungi Politeknik, Bupati Dico Beri Dukungan Agar Tercipta SDM Yang Unggul

KENDAL – Bupati Kendal Dico M Ganinduto  didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal Wahyu Yusuf Ahmadi dan Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM (Disperinkop dan UMKM) Kendal, Kun Cahyadi secara langsung melihat proses praktek pembelajaran pembuatan furniture meja kerja, kursi tamu, meja gambar, dan pengukiran kayu, saat meninjau Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu di Kawasan Industri Kendal (KIK), Kamis (29/4/2021).

Kedatangan Bupati bersama rombongan tersebut untuk berbincang-bincang dengan direktur dan melihat secara langsung proses belajar mengajarnya. Dico berharap sekolah vokasi di bidang pengolahan kayu yang dikelola Kementerian Perindustrian ini bisa mendukung program-program pemerintah daerah dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan profesional.

“Peninjauan langsung Politeknik ini untuk melihat seperti apa fasilitasnya dan bagaimana potensi ke depan yang bisa dikembangkan. Dengan berkolaborasi dengan pemda, diharapakan sekolah vokasi bidang furnitur standar Internasional ini bisa melahirkan SDM yang baik untuk Kendal dan Indonesia,”ujar Bupati Dico.

Dico juga menyampaikan pihaknya akan mendorong Politeknik agar bisa melatih SDM yang lebih baik lagi, yang kedepan lulusan Politeknik tidak hanya menggarap bahan setengah jadi menjadi produk siap pakai saja saja, namun bisa lebih terampil dalam mengolah bahan dasar menjadi berbagai produk kerajinan.

Bupati Dico juga siap memfasilitasi Politeknik dengan aset milik pemda untuk mengembangkan kualitas pendidikan dengan cara membangun ruang pengolahan.

“Dengan harapan, modal awal pendidikan vokasi ini bisa menjadi cikal bakal lahirnya industri furnitur di Kabupaten Kendal.Politeknik ini minimal bisa mempermudah dalam mengembangkan dan menyiapkan SDM yang ada,”katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Politeknik di KIK Kendal Tri Erna Wati menjelaskan, untuk jenjang sekolah di Politeknik KIK ini sampai Diploma dengan tiga kejuruan/prodi, yaitu Managemen Bisnis Industri Furniture, Desain Furniture, dan Tenknik Produksi Furniture.

“Sementara untuk jumlah mahasiswa ada 429 orang, dimana jumlah tersebut total dari tiga angkatan mahasiswa yang diterima selama 3 tahun berdirinya sekolah politekni Kendal,” kata Tri Erna Wati.

Ia menambahkan dari hasil praktik 3 angkatan pertama, produk yang dihasilkan selama pembelajaran sudah bisa digunakan sebagai penunjang fasilitas pendidikan. Ia berharap, hasil karya mahasiswa ini nantinya bisa dikembangkan menjadi produk bernilai jual tinggi.

“Tahun ini kuota penerimaan cuma 120, padahal yang daftar ribuan dari berbagai daerah termasuk Kendal. Tahun kemarin sekitar 25 persen mahasiswa dari Kendal. Prinsip kita buka lebar siapa saja yang mau daftar dengan mengikuti seleksi,” ujarnya.

Sekolah Politeknik ini telah bekerjasama dengan 69 perusahaan furniture di Indonesia, sehingga mahasiswa yang sudah lulus sudah ditunggu untuk bekerja di perusahaan mitra.(Win)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *