Kunjungi Kendal, Risma Berikan Bantuan Dan Motivasi Anak Yatim Piatu Yang Terdampak Covid-19

BOSTHOMSON, KENDAL – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini bersama Anggota Komisi VIII DPR RI melakukan kunjungan spesifik di Kabupaten Kendal, Kamis (23/9/2021).

Kunjungan Mensos bersama rombongan di Kendal dalam rangka melakukan pengawasan terhadap penyaluran bantuan di Kabupaten Kendal, sekaligus menyalurkan bantuan secara simbolis kepada ratusan anak yatim dan piatu di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Bertempat di Gor Bahurekso Kendal, Risma mendatangi satu persatu anak-anak yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19 untuk memberikan bantuan dan motivasi kepada agar terus berjuang melanjutkan masa depan.

“Kepada anak-anakku, kami semuanya diwajibkan menyayangi kalian semuanya. Kalian nggak perlu takut kalian nggak penuh rendah diri kalian nggak perlu minder. Kalian pasti bisa menjadi orang sukses,” ujar Risma sambil menitikkan air mata memberikan semangat kepada mereka.

Mensos saat memberikan motivasi kepada salah seorang anak yatim, Kamis (23/9/2021)
Mensos saat memberikan motivasi kepada salah seorang anak yatim, Kamis (23/9/2021)

Kedatangan Risma di Kendal tersebut dengan membawa bantuan total mencapai Rp 981 juta yang diberikan kepada 937 anak yatim di Jateng dan DIY dengan total bantuan mencapai Rp 304 juta, bantuan aksebilitas dengan nilai Rp 206 juta.

Bantuan kebutuhan dasar sebanyak 284 dengan nilai Rp 282 juta. Bantuan kewirausahaan sebesar Rp 153 juta untuk 118 pelaku usaha, dan bantuan pelatihan kepada peserta sebesar Rp 34,7 juta.

Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Bukhori Yusuf mengatakan program baru yang menyita perhatian publik adalah bantuan kepada anak yatin dan ini merupakan pertama kalinya pemerintah bisa hadir secara nyata untuk menyantuni dan membantu kepada putra-putri yatim dan piatu

“Ini pertama kalinya sejak 20 atau 30 tahun negara ini bisa secara nyata untuk menyantuni putra putri yatim. Oleh karena itu kami dari Komisi dekapan sangat mendukung program ini dan harapan kami rencana yang akan membantu hingga 4,3 juta anak yatim bisa segera terealisasi,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Kendal Dico M Ganinduto menjelaskan data anak yatim dan piatu yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Kendal berjumlah sekitar 370 anak.

“Kemarin kami sudah menyalurkan bantuan dari Baznas Provinsi juga untuk anak yatim dan piatu yang terdampak Covid-19. Kedepan yang belum tersentuh nanti kita akan masuk melalui anggaran dari daerah,” ungkapnya.

Bupati menjelaskan bantuan yang diterima anak yatim dan piatu merupakan bantuan spesifik berupa pendidikan dan kesehatan untuk jangka panjang.(Win).