Kunjungi Desa Purwosari, Chacha : Cara Timbang Balita Harus Benar dan Sesuai

BOSTHOMSON, KENDAL – Cara menimbang balita yang benar menjadi perhatian khusus Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Wynne Frederica atau yang akrab disapa Chacha Frederica, saat menghadiri acara Pencanangan Keluarga Kendal Sehat Sejahtera dan Penyaluran CSR dari Bulog di Desa Purwosari Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal, Kamis (6/1/2022).

Menurut istri Bupati Kendal tersebut, ada yang kurang dalam cara penimbangan balita yang ia lihat secara langsung di posyandu yang digelar di depan balaidesa Purwosari. Menurutnya menimbang balita yang benar adalah dengan melepas seluruh pakaian yang dikenakan balita tersebut.

“Kita sekarang lagi mau melawan stunting, indikasi melawan stunting itu adalah timbangan setiap bulan, timbangan berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala anak. Saya tidak mau melihat di Kabupaten Kendal itu cara menimbang anak masih dengan pakaian, karena itu berpengaruh pada berat timbangan anak tersebut, 50 gram saja itu juga berpengaruh,” katanya.

Chacha juga menegaskan meskipun banyak bantuan yang di berikan CSR, tidak akan tepat sasaran jika hal kecil seperti cara menimbang tidak bisa dilakukan secara tepat.

“Saya sudah diskusi dengan dokter anak. Para dokter ini bilang sama saya, fokusnya satu dulu aja cara nimbang yang bener dulu, jadi nimbang yang bener itu dengan mencopot pakaian anaknya. Saya juga berharap posyandu-posyandu yang ada di Kabupaten Kendal ini mengganti timbangan dari timbangan konvensional menjadi timbangan digital,” tegas Chacha.

Sementara itu, Kepala Desa Purwosari, Muhammad Miadi mengatakan terkait angka stunting di desanya merupakan desa tertinggi jumlah stuntingnya di Kabupaten Kendal.

Miadi mengungkapkan sebelumnya jumlah Stunting di desanya ada 86 anak. Namun dengan gencarnya inovasi dan program gizi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan juga Dinas Peternakan, maka angka tersebut bisa ditekan.

“Alhamdulillah, berkat inovasi dan program gizi bersama dinas terkait yang gencar di Desa Purwosari, sekarang tinggal 67 kasus stunting di desa kami, ini kami juga menerima bantuan beras dari Bulog yang banyak kandungan vitaminnya” ungkapnya.

Miadi berharap dengan dengan kunjungan dari Bulog, BKKBN dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, stunting di desanya dan juga di Kecamatan Sukorejo bisa degera diatasi.

“Semoga apa yang menjadi harapan kami agar desa kami ini bisa segera terbebas dari stunting. Terima kasih juga kepada ibu tim penggerak PKK yang telah memberi banyak arahan salah satunya terkait cara menimbang. Ini sangat bermanfaat bagi kader-kader PKK di desa kami untuk memperbaiki cara menimbang balita,”pungkasnya.(Win).

Keterangan Foto : Ketua TP PKK Kabupaten Kendal, Chacha Frederica saat melihat cara menimbang balita di Posyandu Desa Purwosari Sukorejo, Kamis (6/1/2022)